Kemenangan Telak Samsung pada Proyek Jaringan 5G Dunia


Kemenangan Telak Samsung pada Proyek Jaringan 5G Dunia

Samsung kembali membuat gebrakan setelah pihaknya dinyatakan memenangkan kontrak untuk memasok peralatan jaringan 5G dari operator jaringan seluler asal Jepang NTT Docomo Inc. kontrak yang dimenangkan ini adalah pembuatan jaringan telekomunikasi yang berbasisi dukungan jaringan akses radio terbuka atau open RAN. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi ketergantungan pembuatan bagian dari jaringan telekomunikasi dari salah satu vendor. Jadi samsung disini bergerak unutk mengurai sekaligus mengurasi dominasi dari vendor lain sehingga akan menghilangkan ketergantungan yang besar pada vendor pembuatan layanan jaringan. Adanya kontrak kerja sama antara samsung dan docomo membuat persaingan pada bisnis peralatan teknologi semakin ketat. Samsung secara tidak langsung juga menentang perusahaan besar lain yang sudah mendominasi seperti Huawei, Ericsson, dan Nokia.

Kontrak Verizon Dengan Samsung Senilai 6,6 Miliar USD

Tak hanya memenangkan kontrak pembuatan jaringan 5G di Jepang saja, Samsung juga memenangkan kontrak dengan Verizon senilai 6,6 miliar USD. Kontak ini dilakukan untuk menggantikan Nokia yang sebelumnya menjalin kerja sama dengan Verizon. Samsung pun semakin terkenal di dunia bisnis alat komunikasi setelah memenagkan kontrak tersebut. Tak kalah menghebohkan lagi, Samsung juga ada niatan untuk menjalin kerja sama bidang jaringan 5G dengan vendor asal Kanada untuk melayani layanan jaringan tersebut di Eropa. Samsung ini akan menggandeng perusahaan penyedia layanan operator seluler SaskTel untuk mendapatkan pijakan baru di benua Eropa. Hal ini akan dilakukan Samsung untuk semakin membesarkan namanya dan juga agar menjadi raksasa bisnis paralatan komunikasi di dunia.

Samsung memang kian melejit karena ponsel Androidnya yang sangat diminati masyarakat sejak pertama kali merilis ponsel berbesisi Android. Seiring berjalannnya waktu nama Samsung pun semakin besar hingga sekarang ini menjadi rival abadi Apple untuk bidang industri ponsel pintar walaupun memang antara keduanya menawarkan produk dengan pilihan yang berbeda dimana Samsung dengan Androidnya dan Apple dengan IOS. Namun persaingan dagang antara dua pabrikan raksasa tersebut sangat ketat dan sengit. Keduanya terus mencoba membuat inovasi dan kreasi baru pada ponsel garapan mereka. Maslaah pada jaringan pun tak luput dari strategi dagang persaingan dua perusahaan raksasa tersebut.

Mengenal Apa Itu Jaringan 5G?

Seiring perkembangan jaman kebuthan akan jaringan seluler yang ringan namun memberikan performa yang baik tentu menjadi kebutuhan masyarakat. Kecepatan akses jaringan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Perkembangan jaringan seluler saat ini memang masih sangat relevan karena kecepatan akses jaringan 4G yang dianggap masih dapat diterima oleh sebagian besar masyarakat dunia. Seperti kita tahu bahwa perkembangan dunia komunikasi yang dulu awalnya hanya berupa telepon kabel saja namun lambat laun telah diciotakan sebuah ponsel dan juga dulu hanya menggunakan layanan jaringan 2G setelah itu berkembang menjadi 3G yang memungkinkan melakukan video call dengan mudah hingga perkembangan jaringan seluler sekarang ini yang sudah pada jaringan 4G dan dianggap masih memadai untuk digunakan masyarakat. Namun tentunya dari pihak perusahaan telekomunikasi dan juga produsen seluler tentu ingin menghadirkan inovasi baru dan kreasi baru sehingga akan memunculkan persaingan dagang baru.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih ini kecepatan akses jaringan seluler memang menjadi salah satu hal  yang sangat penting. Salah satu terobosan baru adalah lahirnya jaringan 5G yang diklaim saat ini menjadi salah satu jaringan dengan akses data tercepat. Jika jaringan 4G yang mampu melakukan akses data dengan kecepatan ratusan Mbps maka jaringan ini diklaim mampu menembus kecepatan akses hingga ukuran Gbps. Tentu saja hal ini menjadi salah satu kelebihan dari jaringan beru ini. Memang secara konsep jaringan ini tidak berbeda jauh dengan jaringn 4G. hal ini dikarenakan sistem kerjanya yang masih sama yaitu mengggunakan gelombang radio dalam frekuensi tertentu. Jaringan baru ini diklaim memiliki beberapa keunggulan selain kecepatan akses jaringannya yang jauh lebih cepat. Keunggulan lainnya adalah mudahnya konektivitas dengan peralatan elektronik lain dan juga stabilitas koneksi yang sangat baik. Jaringan ini mampu digunakan untuk menghubungkan peralatan rumah tangga maupun kendaraan pribadi dengan jariingan akses yang lebih stabil.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *