XL Luncurkan Aplikasi Sisternet untuk Mendorong Literasi Digital


XL Luncurkan Aplikasi Sisternet untuk Mendorong Literasi Digital

Bagi kalangan wanita utamanya, literasi digital saat ini sedang menjadi pusat perhatian XL Axiata. Salah satu provider seluler terkemuka ini sedang meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Sisternet yang bekerjasama dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dian Siswarini, selaku Presiden Direktur dan CEO XL Axiata mengatakan jika saat ini terjadi kesenjangan literasi digital antara perempuan dan laki-laki. Hal tersebut dikarenakan bahwa pengguna internet untuk perempuan masih sedikit dibandingkan laki-laki.

Para pengguna internet untuk kalangan perempuan saat ini masih berada di bawah laki-laki. Hal itu membuat perbedaannya hingga 40%, demikian seperti yang diungkapkannya pada webinar COVID-19 dan Digitalisasi, Cara Baru Perempuan Melawan Pandemi, pada hari Rabu kemarin.

Kesenjangan tersebut cukup lumayan gapnya. Bila dibandingkan di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura maka di Indonesia gapnya yang lebih besar, demikian seperti yang ditambahkan olehnya.

XL Axiata yang memberikan layanan Sisternet ini sebenarnya telah digagas sejak 5 tahun lalu, yaitu tahun 2015. Kala itu, bentuknya masih berupa website. Sedang untuk versi aplikasinya ini yang telah diluncurkan tentu ditujukan bagi setiap perempuan supaya perempuan Indonesia mampu mengakses layanannya tersebut hanya dengan menggunakan smartphone.

Dikatakan kembali oleh Dian Siswarini bahwa aplikasi ini berisi video, artikel, serta fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan para perempuan untuk pengembangan dirinya. Konten-kontennya itu tentu juga dikembangkan bersama mitra dari pemerintah seperti misalnya Kementrian PPPA.

Pastinya, kontent-kontent yang ada di Sisternet ini bisa untuk dipertanggungjawabkan. Karena pada kontentnya itu telah dibuat bersama-sama dengan Kementrian PPPA serta pihak lain yang bekerja sama dengan beberapa kementrian yang lainnya seperti misalnya Kominfo.

Di tengah pandemi yang masih saja melanda, pihak XL Axiata berharap agar Sisternet ini bisa menjangkau lebih banyak perempuan. Karena jika sebelumnya Sisternet ini melakukan program-programnya secara offline, maka saat ini konten yang ada di Sisternet ini bisa dinikmati secara online melalui aplikasi yang telah diinstal di ponsel.

Bila ingin mendapatkan aplikasi Sisternet besutan XL Axiata ini, kamu bisa mengunduhnya di Playstore yang tentunya sudah disediakan.


Like it? Share with your friends!

0
nosirega

Saya menjadi salah satu penulis di website rahasiatekno yang suka membagikan informasi tentang informasi teknologi.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *