Teknologi Persenjataan pada Masa Perang Dunia


Teknologi Persenjataan pada Masa Perang Dunia

Seiring berjalannya waktu, senjata-senjata semakin berkembang sesuai kebutuhan militer. Berdasar pada sejarah dunia, pernah terjadi perang dunia yang pastinya harus menggunakan dan memanfaatkan senjata kala itu. Lalu bagaimana teknologi persenjataan pada masa perang dunia?

Alat Perang dan Persenjataan

Teknologi persenjataan yang ada pada masa perang dunia dan masih terus digunakan sampai saat ini yaitu sebagai berikut:

1. Tank

Tank adalah kendaraan berat berlapis baja yang biasa digunakan untuk berperang. Alat ini memiliki roda berbentuk rantai agar mampu bergerak medan sulit. Terdapat juga senjata berbentuk meriam besar. Tidak heran jika alat perang ini pada zaman dahulu sangat ditakuti oleh lawan.

2. Kapal Induk

Kapal induk atau kapal perang adalah kendaraan yang mampu memuat pesawat-pesawat tempur. Selain itu, alat ini berfungsi sebagai tempat pengintaian, pusat komando militer laut, sampai pemberian bantuan.

3. Senapan Mesin

Senapan mesin adalah senjata api yang tertanam di tanah ataupun tidak yang mulai dikembangkan pada masa Perang Dunia. Alat ini biasanya menembakkan peluru senapan dari sebuah sabuk amunisi. Lazimnya per menit bisa mengeluarkan ratusan peluru.

4. Bom

Bom termasuk salah satu senjata yang digunakan sebagai penghasil ledakan dalam waktu singkat. Ada banyak jenis, contohnya adalah nuklir, rakit, dan lain sebagainya. Alat ini dikembangkan pada masa Perang Dunia.

5. Nuklir

Nuklir adalah senjata yang mampu memusnahkan sebuah kota. Ledakannya sangatlah dahsyat. Alat perang ini sudah digunakan saat masa Perang Dunia II diluncurkan oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota di Jepang.

6. Flamethrower

Flamethrower atau pelontar api adalah senjata yang dirancang untuk menembakkan api dan menggunakan bahan bakar cair ataupun gas. Alat ini dikembangkan saat masa Perang Dunia I sebagai salah satu senjatanya.

7. Gas Beracun

Gas beracun adalah senjata yang menggunakan bahan kimia senyawa. Ada banyak jenis pada masa Perang Dunia dikembangkan secara cepat. Namun dibarengi oleh pesatnya perkembangan pembuatan masker pelindung dari gas-gas tersebut.

8. Bom Laut

Bom laut adalah salah satu senjata yang dikembangkan oleh pasukan Sekutu pada masa Perang Dunia I. Alat ini bisa diatur agar mampu meledak di kedalaman tertentu bukan permukaan. Teknologi ini berhasil menenggelamkan salah satu kapal selam Jerman.

9. Sistem Pengatur Lalu Lintas Udara

Inovasi ini mulai dikembangkan pertam kali pada masa Perang Dunia I. Pertama kali pesawat terbang muncul di dunia, belum ada komunikasi untuk menghubungkan pilot dengan daratan. Kemudian Sekutu langsung mengembangkan radio untuk mengatasi masalah itu.

Di atas tadi adalah perkembangan teknologi persenjataan pada masa perang dunia. Semoga daapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda. Banyak senjata tersebut masih bermanfaat untuk kemiliteran saat ini.


Like it? Share with your friends!

0
jati

Salah satu admin di rahasiatekno yang menjadi penulis handal dengan menyajikan berita terupdate tentang gadget, teknologi, tips dan berita terbaru lainnnya.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *