Cara Mudah Membuat Subtitle Film Indonesia


Cara Mudah Membuat Subtitle Film Indonesia

Subtitle menjadi salah satu hal yang diperlukan agar orang lain paham apa yang dibicarakan atau ada di film atau video tersebut. Biasanya, subtitle dapat diperoleh dengan cara mengunduhnya dari situs tertentu. Namun, jika Anda memiliki kemampuan berbahasa misalnya bahasa asing, Anda dapat menjadi penerjemah dan membuat subtitle film Indonesia sendiri.

Untuk membuat subtitle film a.x.l bahasa Indonesia, Anda bisa melakukan 3 cara yang bisa dilakukan dengan mudah. Karena hal tersebut maka kami akan membagikan caranya membuat subtitle untuk Anda. Ada juga Cara Menambah Subtitle Video di Youtube yang bisa dilihat di artikel kami yang lain.

Translator dan Notepad

Jika Anda memiliki subtitle bahasa asing dan ingin mengubahnya menjadi bahasa Indonesia, maka Anda harus mentranslatenya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan translator seperti google translate. Caranya adalah:

  1. Buka google translate atau translator yang biasa Anda gunakan.
  2. Buka subtitle dalam notepad dan salin semua isinya.
  3. Paste salinan subtitle tersebut ke bahasa Indonesia atau bahasa yang Anda inginkan.
  4. Salin hasil terjemahannya dan paste di lembar notepad yang baru.
  5. Buka menu edit lalu replace.
  6. Tulis di kolom ‘find what’ dan ‘replace with’ kemudian klik ‘replace all’.
  7. Simpan dalam format .srt serta encoding UTF-8.

Baca juga: Situs Download Subtitle Terbaik

Menggunakan Notepad

Cara Mudah Membuat Subtitle Film Indonesia

Cara ini dilakukan ketika Anda menjadi penerjemah atau membuat subtitle sendiri. Ada baiknya sebelum Anda menuliskan di notepad, Anda bisa menuliskannya di Microsoft Office untuk arti atau subtitlenya lebih dahulu. Caranya,

  1. Mulailah baris pertama dengan angka satu. Lalu enter.
  2. Masukkan waktu subtitle dimulai dan berakhir. Jangan lupa untuk menuliskannya dalam format jam:menit:detik,milidetik. Misalnya 00:00:15,000. Enter.
  3. Tulis text subtitle selanjutnya. Lalu enter lagi dan beri jarak 1 spasi untuk nomor, waktu dan text subtitle yang selanjutnya. Lakukan cara ini berulang kali hingga selesai misalnya hingga film selesai.
  4. Jika semua sudah tertulis, cek terlebih dahulu apakah ada yang salah dan harus diperbaiki atau tidak.
  5. Bila semuanya sudah selesai, simpan file tersebut dengan menggunakan format .srt serta encoding UTF-8. Pastikan nama subtitle tersebut sama dengan nama file atau videonya agar bisa berjalan dengan baik dan simpan di folder yang sama.

Selain bisa langsung muncul saat video berputar, subtitle tersebut juga dapat diunggah di YouTube. Jadi, jika Anda memiliki video YouTube yang butuh subtitle, Anda bisa juga melakukan cara berikut ini untuk membuat caption video.

Menggunakan Aegisub

Cara Mudah Membuat Subtitle Film Indonesia

Aegisub ini memungkinkan Anda untuk mengganti warna font subtitle bahasa Indonesia sesuai dengan yang Anda inginkan. Caranya:

  1. Download dan install Aegisub lalu buka video dengan pilih menu video > open video. Pilih jenis video yang diinginkan. Jika ingin menambahkan audio, bisa dengan membuka menu audio lalu open audio from video.
  2. Anda bisa mengatur tampilannya sesuai keinginan.
  3. Masukkan subtitle dengan, buka menu audio box lalu tuliskan atau paste subtitle yang sudah disiapkan sebelumnya di edit box. Tekan enter untuk menyimpannya.
  4. Atur posisi subtitle sehingga temponya pas dengan klik video box dan pilih posisi text sesuai dengan videonya.
  5. Jika sudah, simpan dengan CTRL+S untuk menyimpan dalam format .ass.

Demikianlah cara mudah membuat subtitle film Indonesia. Semoga membantu dan selamat mencoba.


Like it? Share with your friends!

0
zamhar

Salah seorang penulis profesional yang menuliskan berita tentang film, games dan teknologi terbaru di dunia.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *