Teknologi

Samsung Luncurkan Teknologi Layar Micro Led Smart Tv Pada Produknya

Brand terkenal di negeri ini, Samsung Electronics, meluncurkan secara resmi produk televisi pintar terbarunya yang memiliki layar dengan teknologi layar micro led pada awal Maret lalu. Samsung menjelaskan lebih detail mengenai teknologi layar micro led di smart tvnya pada acara seminar yang digelarnya dengan tajuk “Samsung Visual Display Tech Summit 2021”. Sebelumnya, dapat diketahui bahwa Samsung menggunakan teknologi Mikro LED yang diaplikasikan kepada beberapa produk saja dan ditujukan khusus pelaku bisnis. Namun, dalam perkembangannya yaitu pada tahun ini, Samsung memutuskan untuk mengkomersialkan Smart TV dengan teknologi Micro LED ini ke segmen konsumen yang lebih luas. TV pintar ini hadir dengan menyediakan beberapa ukuran dimulai dari 110, 99, 88, hingga 76 inci.

Teknologi Layar Micro Led Di Smart TV Hasilkan Kualitas Gambar Tinggi

Berdasarkan informasi yang dibeberkan oleh juru bicara Samsung pada seminar nya dengan tajuk “Samsung Visual Display Tech Summit 2021” dapat diketahui bahwa teknologi Micro LED Smart TVyang dimiliki oleh Samsung dapat memberikan kontras tinggi tanpa pemgurangan cahaya yang berarti. Hal ini bisa terjadi karena teknologi yang terdapat pada Mico LED serta Prosesor Micro AI dan Chip LED RGB dengan ukuran mikrometernya memungkinkan hal itu terjadi. Chip LED RGB yang tersusun dengan secara rapat pada permukaan layar dikendalikan oleh Processor Micro AI dengan menggunakan algoritma serta kecerdasan buatan sehingga menghasilkan warna dengan kualitas tinggi serta detail yang maksimal. Kombinasi teknologi yang dihasilkan dari teknologi Micro LED

Smart TV itu lah yang menghasilkan kinerja HDR yang baik dengan kualitas gambar yang tinggi dan jelas tanpa adanya distorsi maupun saturasi. Terknologinya yang dapat menyuguhkan kontras tinggi tanpa adanya difusi cahaya, menjadikan smart TV ini mampu menampilan hingga ke detail terkecilnya baik pada saat scene terang maupun gelap sehingga gampar yang disajikan akan memenuhi ekspektasi yang diharapkan. Dan sejauh ini, diketahui bahwa hanya teknologi micro LED sajalah yang bisa membuat warna sekaligus memancarkan cahaya sekaligus. Dengan kemampuan ini, TV dapat mengurangi kebutuhan blacklight sera filter warna yang digunakan oleh layar konvesional. Hal ini yang menjadikan micro LED mungkin untuk melakukan penyesuaian warnanya sehongga menghasilkan kecerahan dan gelap dengan detail.

Pihak Samsung juga memberikan pernyataan yang menyatakan bahwa produknya satu ini akan memiliki rentang waktu keawetan yang lebih panjang jika dibandingkan layar konvesional yang tidak memiliki teknologi Micro LED. Hal ini dimungkinkan karena fitur dari layar Micro LED ini menggunakan bahan utama anorganik yang jelasnya durable (kuat) serta tahan lama. Menurut Samsung juga, penggunaan bahan anorganik pada teknologi ini ju ga memiliki keuntungan lain yaitu dapat memberikan kualitas yang baik pada tampilannya serta dapat memberikan konsistensi pada pencahayaannya.

Dapat memuat multiple windows dalam satu layar

Teknologi Micro LED Smart TV seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memiliki banyak fitur yang kemungkinan banyak tidak terdapat pada perangkat yang konvesional. Dalam hal ini, teknologi satu ini juga dapat memungkinkan vendor dapat memiliki fitur spesial. Misalnya Samsung, perusahaannya memanfaatkan fitur yang dapat dihasilkan dari teknologi Mikro LED kepada Smart TV nya sehingga dapat menampilkan multiple windows dalam satu layar . fitur satu ini yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh banyak konsumen. Karena dengan adanya fitur ini, pengguna seolah memiliki banyak TV dalam satu perangkat saja. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa melihat acara, sembari menonton drama, dan bermain game. Fitur ini disebut dengan 4Vue (Quad View), yaitu dapat menonton dari empat sumber yang berbeda dalm rentang waktu yang sama serta satu layar. Beberapa perangkat eksternal juga dapat dihubungkan untuk bisa mengikuti beberapa pertandingan secara sekaligus, atau juga bisa berguna untuk mengikuti panduan bermain secara steaming sembaru memainkan video game.

Sementara itu, disamping sisi tampilan yang memuaskan dari teknologi satu ini, ternyata produknya juga memiliki audio yang berkualitas. Audio TV nya di gadang-gadang oleh banyak orang mampu menghasilkan 5.1 channelformat audio tanpa menggunakan speaker eksternal. Dengan begitu, pengguna dapat mendapatkan pengalaman optimal saat menonton.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button