Review Samsung Galaxy A32 dan A31, Mirip Tapi Berbeda


Review Samsung Galaxy A32 dan A31, Mirip Tapi Berbeda

Bagi para penggemar smartphone terutama yang berbasis sistem operasi Android, Samsung merupakan salah produsen smartphone Android yang sudah lama ada dan menjadi primadona bagi banyak pengguna. Hal ini dikarenakan brand Samsung menjadi salah satu brand prestigious bagi perangkat komunikasi. Samsung juga menawarkan banyak seri smartphone yang bisa digunakan oleh banyak kalangan. Mulai dari smartphone dengan harga murah hingga smartphone Samsung dengan teknologi terbaru yang harganya cukup mahal. Selain itu, smartphone Samsung juga memiliki spesifikasi yang sangat bagus serta didukung oleh performa yang mumpuni seperti produk Galaxy A32 dan A31. Hal inilah yang menyebabkan Samsung menjadi salah satu brand smartphone populer.

Pada bulan Mei tahun 2020, Samsung telah meluncurkan salah satu seri terbarunya yaitu Samsung Galaxy A31. Smartphone ini ditengarai sebagai salah satu produk keluaran terbaik dari Samsung. Selang satu tahun, Samsung telah mengeluarkan produk terbaru yang merupakan pengembangan dari Samsung Galaxy A31. Produk ini diberi nama Samsung Galaxy A32. Seperti namanya, seri Samsung Galaxy A32 merupakan inovasi dan pengembangan dari seri Samsung Galaxy A31. Oleh karena itu, ada beberapa perbedaan dan persamaan dari Samsung Galaxy A32 dan A31. Berikut ini beberapa perbedaan dan persamaan dari kedua smartphone Samsung ini.

Perbedaan dan Persamaan Spesifikasi Samsung Galaxy A32 dan A31

Bagi para pengguna Samsung Galaxy, performa smartphone ini mampu mendukung segala aktivitas penggunanya. Selain itu, edisi terbaru dari Samsung Galaxy A32 mampu menjawab kekurangan dari Samsung Galaxy A31.
Resolusi Kamera

Salah satu perbedaan antara Samsung Galaxy A32 dan A31 adalah resolusi kamera yang ditawarkan. Meskipun kedua dilengkapi dengan tiga buah kamera sana yang terdiri dari kamera depth sensor 5 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera marko 5 MP, akan tetapi Samsung Galaxy A32 memiliki konfigurasi 64 MP untuk kamera utama. Sehingga, resolusi akhir yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A32 menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan Samsung Galaxy A31. Oleh karena itu, bagi pengguna yang membutuhkan resolusi kamera dengan performa bagus, mereka bisa menggunakan Samsung Galaxy A32.
Sistem Operasi dan CPU

Perbedaan lain antara Samsung Galaxy A32 dan A31 adalah sistem operasi serta CPU prosesor yang digunakan. Samsung Galaxy A32 dibuat dengan sistem operasi Android 11 dan OneUI 3.0. Sedangkan Samsung Galaxy A31 masih menggunakan sistem operasi Android 19 dan OneUI 2.0. Oleh karena itu, Samsung Galaxy A32 memiliki kompatibilitas lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy A31. User interface yang digunakan lebih maju serta mampu digunakan oleh banyak aplikasi terbaru. CPU Prosesor yang digunakan juga berbeda karena Samsung Galaxy A32 menggunakan MediaTek Helio G90 dan CPU Octa-core (2 x 2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) serta GPU: Mali-G52 MC2 950 MHz. Sedangkan Samsung Galaxy A31 menggunakan MediaTek Helio P65 dan CPU: Octa-core (2×2.0 GHz, 6×1.7 GHz) serta GPU:Mali-G52 MC2 820 MHz. Oleh karena itu, performa dari Samsung Galaxy A32 lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy A31.

Kapasitas RAM, Storage, dan MicroSD

Perbedaan lain yang mencolok antara Samsung A32 dan A31 adalah konfigurasi RAM dan Storage. Samsung Galaxy A32 memiliki dua pilihan konfigurasi yaitu 6 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB. Sedangkan Samsung Galaxy A31 hanya memiliki satu konfigurasi RAM dan Storage yaitu 6 GB/128 GB. Selain itu, kapasitas MicroSD yang digunakan pada Samsung Galaxy A32 bisa mencapai 1T. Sedangkan untuk Samsung Galaxy A31, kapasitas maksimal MicroSD adalah sebesar 512 GB.

Fitur dan Tampilan

Samsung A32 dan A31 juga memiliki beberapa perbedaan terkait fitur yang tersedia. Salah satunya refresh rate yang pada layar. Samsung Galaxy A32 memiliki kemampuan refresh rate sebesar 90 Hz. Sedangkan Samsung Galaxy A31 memiliki kemampuan refresh rate sebesar 60 Hz. Samsung Galaxy A32 juga dilengkapi dengan fitur Face Recognition dan Game Booster sementara Samsung Galaxy A31 tidak. Selain itu, tampilan Samsung Galaxy A32 juga lebih kalem karena didesain dengan warna matte. Sedangkan tampilan Samsung Galaxy A31 lebih berwarna terang. Akan tetapi, kedua smartphone ini memiliki performa baterai yang sama yaitu 5.000 mAh dengan fast charging 15 Watt.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *