PC & Laptop

Prosesor Intel Core H-Series: Di Dedikasikan Untuk Laptop Gaming Serta Konten Kreator

Intel telah meluncurkan Prosesor Intel Core H-Series generasi ke-10. Label seri H sendiri yang melekat pada prosesor ini adalah penanda bahwa produknya telah dirancang sedemikian rupa untuk perangkat dengan performa tinggi seperti laptop yang secara khusus di dedikasikan untuk gaming dan content creation. Walaupun dibuat oleh arsitektur yang sama dengan generasi sebelumnya, prosesor dengan nama lain Comet Lake ini telah dioptimalisasi dengan baik. Salah satu hal yang menonjol dan menjadi keunggulan dari generasi ini daripada generasi sebelumnya adalah clock speed nya yang kencang dengan kecepatan hingga 5,3GHz pada mode Thermal Velocity Boost- nya. Untuk lebih mengetahui prosesor ini lebih dalam lagi, simak ulasan di bawah ini!

Review Prosesor Intel Core H-Series generasi ke-10

Prosesor Intel Core H-Series generasi ke-10 merupakan prosesor keluaran terbaru yang dikeluarkan oleh intel yang tentunya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan seri gen sebelumnya.  Produknya sendiri memiliki Thermal Velocity Boost yang merupakan fitur baru dari intel core seri H dengan kecepatan lebih kencang daripada mode Turbo Boost yang dimiliki oleh prosesor generasi sebelumnya. Generasi terbaru ini juga dapat memuat RAM dengan kecepatan tinggi hingga 2999MHz dengan kapasitas mencapai 128 GB. Beberapa Prosesor Intel Core H-Series generasi ke-10 seperti Core i7-10750 H dan Core i7-10850 H menggunakan konfigurasi yang berbeda dari dua seri lainnya yaitu Core i7-10875H dan i9-10980HK. Dua seri pertamanya menggunakan konfigurasi 6 core 12 thread, dan dua seri terakhirnya menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Dibandingkan dengan intel Core Tiger Lake seperti Intel Core U Series yang memiliki empat inti CPU, Intel Core H-Series dilengkapi dengan inti CPU yang berjumlah enam hingga delapan.

Varian dari seri H generasi ke-10 prosesor intel yang memiliki keunggulan pada segi performa adalah Intel Core i9-10980HK yang menawarkan turbo clock speed 5,3GHz dengan fitur Smart Cache 16 MB. Pada pengujian SYSMark 2018, varian ini diketahui memiliki jumlah frame yang lebih tinggi hingga 54 persen pada pengujian game Red Dead Redemption 2 yang dibandingkan dengan Intel Core i7-7920HQ. Series satu ini juga memiliki varian prosesor Intel Core i9-10980HK yang mempunyai kemampuan rendering serta export file untuk video 4K yang dua kali lebih cepat daripada Intel Core i7-7820HK. Series satu ini juga memiliki beberapa fitur menguntungkan yang lainnya juga seperti konektivitas internet yang lebih cepat tiga kali dengan latensi yang terbilang rendah pada Intel WiFi 6 AX201.

Perbedaan Intel Core generasi ke-9 dan ke-10

Prosesor Intel Core H-Series generasi ke-10 tentu memiliki beberapa kelebihan dibanding generasi sebelumnya mengingat tanggal perilisannya yang memang baru diluncurkan. Untuk fitur yang paling menonjol dan membedakan antara keduanya adalah pada clock speednya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada seri terbaru ini, intel core generasi 10 telah dilengkapi dengan Thermal Velocity Boost yang memiliki kecepatan lebih kencang dariada Turbo Boost yang dimiliki oleh prosesor sebelumnya. RAM yang dimiliki oleh keduanya juga berbeda, generasi terbaru dari prosesor intel mendukung RAM yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya dengan dual-channel dengan kapasitas mencapai 128GB. Perbedaan selanjutnya dua generasi ini terletak pada port Thunderbolt nya.

Generasi terbaru menyuguhkan duacontroller Thunderbolt 3 yang berarti apabila digunakan pada laptop, maka laptop akan memiliki tampilan dengan dua port Thunderbolt 3. Gen 10 juga menghadirkan WiFi 6 yang lebih cepat. dapat dilihat juga bahwa generasi terbaru Intel Core mengalami peningkatan jumlah Core dan Thread pada semua lini prosesornya yang hal ini berarti bahwa prosesor ini juga memang dirancang secara khusus untuk para konten kreator. Diantara para konten kreator sendiri sudah merupakan pengetahuan umum bahwa jumlah core serta thread yang besar sangatlah dibutuhkan untuk melancarkan berjalannya sebagian besar aplikasi pendukung yang akan digunakan. Yang terakhir, intel core generasi ke-10 diketahui memiliki performa lebih baik dari sebelumnya dengan rata-rata peningkatan performa sebesar 28 persen.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button