Perkembangan Teknologi Persenjataan Terbaru


Perkembangan Teknologi Persenjataan Terbaru

Keamanan dunia selalu menjadi hal yang dipertanyakan banyak orang. Bagaimana sebuah negara bisa aman ketika mereka sendiri justru mengembangkan senjata. Bahkan, saat ini perkembangan teknologi persenjataan semakin pesat.

Perkembangan Persenjataan Dari Masa ke Masa

Senjata memang sudah dikenal sejak masa lampau dengan bentuk paling sederhananya adalah tombak dan batu yang dilancipkan serta pisau tulang binatang. Seiring berjalannya waktu, persenjataan mulai berubah bentuk bahkan lebih mutakhir dari kelihatannya seperti berikut.

1. Bom

Bom telah menjadi salah satu senjata yang daya hancur cukup fatal tergantung dari bahan peledak apa untuk pemicunya. Mungkin dulu bentuknya hanya serupa granat tangan atau gerak saja. Sekarang, hal itu berubah sejak Julian Robert Oppenheimer menambahkan nuklir.

Amerika Serikat menjadi negara pertama yang menggunakan bom nuklir untuk keperluan perang. Pada tahun 1945 mereka menjatuhkan Little Boy dan Fat Man pada kedua kota besar di Jepang yakni Hiroshima serta Nagasaki. Memicu tentaranya pulang kembali ke kampung halaman.

2. Rudal

Perkembangan teknologi persenjataan kian memanas meskipun perang dunia telah berakhir berpuluh tahun silam. Sekarang, senjata berbasis nuklir sepertinya makin trendi digunakan sebagai “pelindung negara” bagi beberapa wilayah serta tidak hanya berbentuk bom.

Rudal menjadi primadona persenjataan selanjutnya yang memiliki pemicu berupa nuklir bahkan dapat dikendalikan dari satelit. Beberapa negara akhir-akir ini dibuat geger dengan senjata tersebut karena seperti masa lampau pernah catatkan, dampaknya tidak bisa dianggap enteng.

3. Pesawat Tempur

Pesawat tempur juga sudah dikenal sejak perang dulu dengan persenjataan yang dimiliki berupa rudal, flare bahkan bom. Sekarang, semuanya dibuat mumpuni tidak hanya dari segi senjata saja namun juga manuver. Semakin gesit maka namanya mendapat tempat di hati negara lain.

Misalnya Amerika Serikat dengan Falcon dan Rusia bersama Sukhoi. Kedua negara itu digadang-gadang punya pesawat tempur beragam variasi. Sampai sekarang bahkan masih berkompetisi dalam pembuatannya dan membuat negara lain termasuk Indonesia tertarik memiliki.

4. Kapal Selam

Bentuk kapal selam seperti yang telah dilihat dalam film memiliki bentuk besar dan terkesan berat. Nyatanya, semua itu telah mengalami perubahan hingga saat ini. Strukturnya terlihat makin ramping dan mampu berenang cepat di laut dalam dengan sensor lebih canggih serta bagus.

Tidak hanya itu, beberapa negara besar juga menyisipkan persenjataan mumpuni di dalamnya. Seperti Rusia, mereka menambah rudal pada transportasi bawah laut itu dengan pemicu berupa nuklir. Bisa dibayangkan seberbahaya apa senjata tersebut bila ditembakkan dari dalam air.

Saat ini, tidak hanya Amerika Serikat dan Rusia saja yang berhasil dalam perkembangan teknologi persenjataan. Negara lain seperti Korea, China bahkan sekecil Swiss pun menciptakan kejutan mereka sendiri untuk “perlindungan dan keamanan” wilayah mereka masing-masing.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *