Perkembangan Kamera Ponsel Satu Dekade Terakhir Ini


Teknologi kamera smartphone dalam satu dekade terakhir, telah bertransformasi serta berkembang secara signifikan. Baik itu dari segi jumlah, resolusi, serta software yang mendukungnya.

Di tahun 2010, sebagian besar smartphone hanya mengandalkan satu buah kamera utama di bagian punggungnya. Namun, di tahun 2011, HTC Evo 3D dan LG Optimus 3D telah hadir dengan fitur andalannya yakni kamera sekunder yang mampun menghasilkan foto dan video 3D.

Konfigurasi dual-camera semakin populer dengan kemunculan iPhone 7 plus di tahun 2016. Pada smartphone itu ditanamkan kamera sekunder dengan sudut pandang telephoto untuk memotret portrait dengan efek bokeh.

Perkembangan Kamera Ponsel Satu Dekade Terakhir Ini

Beberapa tahun kemudian, di tahun 2018, jumlah kamera smartphone semakin bertambah dengan kehadiran Huawei P20 Pro yang di dalamnya ditanamkan 3 kamera yakni wide, telephoto, dan monochrome.

Lagi-lagi di tahun yang sama, produsen smartphone terkemuka Samsung langsung tancap gas dengan meluncurkan dua smartphone yang paling baru. Pada masing-masing produknya itu dibekali dengan 3 dan kamera untuk pertama kalinya, Galaxy A7 dan A9.

Baca juga: Kamera Pop-Up Dirilis untuk Huawei P Smart Pro

Kini, di tahun 2019 banyak vendor smartphone yang mulai mengikuti berbagai trend quad-camera. Pada awalnya fitur ini hanya tersedia di ponsel flagship saja, seperti Samsung Galaxy S10 5G dan Huwaei P30 Pro.

Namun sejak pertengahan hingga akhir 2019 ini, beberapa vendor telah memulai untuk menanamkan fiturr quad-camera di ponsel kelas menengah seperti Realme 5 Pro,Oppo Reno 2 hingga Vivo V17 Pro.

Desain Unik Pada Smartphone Terbaru

Saat ini semakin banyak bertambah jumlah kamera. Smartphone lain seperti Nokia9 PureView, Xiaomi Mi CC9 Pro, dan Mi Note 10 telah menambahkan 5 kamera pada smartphonenya,

Berbagai Desain Smartphone dari Desain Segaris Hingga Sarang Lebah

Karena jumlah yang kian bertambah, berbagai vendor ponsel mulai memikirkan bagaimana menempatkan kamera-kameranya di punggung smarphonenya. Ada yang disusun garis lurus dengan orientasi vertikal atau horizontal seperti yang ada pada Galaxy S10.

Tetapi ada juga vendor lain yang memilih modul simetris dengan bentuk persegi atau lingkaran seperti Huawei Mate 30 Pro. Bahkan ada pula yang didesain kamera zig zag seperti milik iPhone 1 Pro hingga desain mirip sarang lebah seperti Nokia9 PureView.


Like it? Share with your friends!

0
Admin

Seorang Blogger yang hobi menulis semua informasi tentang teknologi seperti berita komputer, gadget dan informasi games.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *