Perkembangan IPTEK Dalam Era Globalisasi dan Dampaknya


Perkembangan IPTEK Dalam Era Globalisasi dan Dampaknya

Bertambah pesatnya perkembangan IPTEK dalam era globalisasi menimbulkan banyak perubahan pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Kemudahan-kemudahan yang disajikan membuat hal sulit menjadi lebih mudah.

Dampak Positif Perkembangan IPTEK

Kemajuan IPTEK dalam era globalisasi ini sangat mempermudah manusia. Perkembangan teknologi dengan menciptakan berbagai produk yang inovatif, canggih dan modern membuat segala sesuatunya menjadi semakin mudah. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Memberi Kemudahan dalam Komunikasi

Dampak positif dari perkembangan IPTEK yang pertama adalah dapat memberi kemudahan dalam bidang komunikasi. Dengan begitu, orang dapat tetap saling bertatap muka dan berbicara langsung walaupun berada di tempat berbeda.

Seperti salah satunya fitur video call melalui smartphone yang bisa membuat saling bertemu dan melihat langsung wajah lawan bicara walaupun terpisah jauh. Jadi komunikasi bisnispun sudah dapat dilakukan sehingga mempermudah pembicaraan walaupun tidak datang langsung kesana.

2. Memberi Kemudahan Pencarian Informasi Melalui Internet

Kemajuan teknologi digital merupakan salah satu inovasi IPTEK yang bertujuan untuk mempermudah orang untuk dapat memperoleh informasi apapun melalui internet. Alhasil, seluruh media massapun berlomba-lomba membuat versi onlinenya.

Kemudahan pengaksesan internet membuat banyak masyarakat beralih dari yang tadinya mencari informasi melalui koran dan majalah. Namun, sekarang mereka lebih suka menggunakan medsos atau media online lain. Karena tidak perlu repot-repot keluar rumah.

3. Memberi Kemudahan di Bidang Transportasi

Kemajuan IPTEK bukan hanya terjadi pada bidang komunikasi saja, sarana transportasi pun juga mengalami perkembangan. Efeknya dapat mempersingkat waktu tempuh, jika tadinya bisa mencapai hingga 10 jam kini hanya butuh 1 jam saja menggunakan pesawat.

Selain itu, untuk memesan tiketnya juga tidak perlu mengantri lama seperti dulu karena sudah banyak sekali layanan website yang menyediakan pengorderan secara online. Jadi cukup memasukkan biodata dan melakukan pembayaran melalui transfer Anda sudah bisa mendapatkannya dengan mudah.

4. Memberi Kemudahan dalam Melakukan Transaksi Jual Beli

Dampak positif selanjutnya adalah bisa memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli. Dengan begitu, para pengusaha dapat menjual barang dan jasanya melalui online karena saat ini sudah banyak platform yang menyediakan wadah untuk beriklan.

Jika masyarakat ingin membeli suatu barang atau jasa, kini tidak perlu keluar rumah lagi karena saat ini sudah tersedia berbagai marketplace yang dapat dikunjungi. Pengaksesannya juga sangat mudah, maka dari itu kebanyakan orang sekarang lebih memilih berbelanja melalui online.

5. Terciptanya Berbagai Mesin Canggih dan Modern

Kemajuan teknologi yang pesat juga mampu menciptakan berbagai mesin canggih dan modern sehingga mempermudah pekerjaan manusia. Produk-produk inovatif bermunculan sangat membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Berkembangnya IPTEK ini juga bisa memperkecil biaya produksi karena dengan peralatan yang canggih dapat memproduksi barang dalam jumlah banyak. Dengan begitu, keuntungan perusahaan pun akan meningkat signifikan.

Itulah beberapa dampak positif yang disebabkan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi. Terciptanya berbagai produk inovatif dan modern membuat perubahan cukup besar bagi masyarakat di negeri ini.


Like it? Share with your friends!

0
Admin

Seorang Blogger yang hobi menulis semua informasi tentang teknologi seperti berita komputer, gadget dan informasi games.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *