Teknologi

Operating system baru Huawei, Harmonyos

Huawei menjadi salah satu brand gawai yang cukup besar dan memiliki produk yang cukup menarik, terutama di kelas high-end atau flagship mereka. Sejauh ini, Huawei masih menggunakan perangkat berbasis Android sebagai sistem operasinya. Hanya saja, tampilan dari OS dari Google ini mengalami kustomisasi yang kemudian disebut dengan nama EMUI. Namun, belum lama ini, beredar informasi bahwa Huawei siap melakukan gebrakan baru dengan peluncuran harmonyos. Sesuai namanya, ini tentu menjadi sesuatu yang menarik karena perubahan yang akan dibawa tidak sekedar dalam cakupan kustomisasi ROM serta User’s Interface saja, tapi ini benar-benar menyandang label sebagai OS atau operating system.

Perilisan Harmonyos oleh Huawei

Kehadiran HarmonyOS memang menjadi suatu hal yang menarik. Sejauh ini, pasaran gawai masih dikuasai oleh dua sistem operasi, yaitu Android yang digunakan oleh banyak brand serta iOS yang menjadi sistem operasi ekslusif untuk smartphone dari Apple. Sebagai salah satu brand besar yang secara rutin mengenalkan produk yang kompetitif di segmen yang berbeda-beda, tentu berita mengejutkan tentang perilisan harmonyos ini memang menarik banyak perhatian. Tanggal perilisan ini sudah pasti, dan ini akan dilakukan pada tanggal 2 Juni 2021. Berita ini sendiri telah disampaikan secara resmi oleh Huawei melalui akun Weibo dari brand ini. Pengenalan produk ini akan dilakukan secara live-stream pada pukul 8 malam waktu lokal.

Yang dipublikasikan di akun Weibo milik Huawei ini bukan sekedar poster atau pengumuman tanggal saja. Pengumuman hadir dalam bentuk suatu video. Tak hanya menampilkan tanggal saja, video ini juga sekaligus memberikan gambaran tentang seperti apa tampilan dari HarmonyOS tersebut. Secara khusus, yang ditampilkan dalam video tersebut salah satunya adalah proses booting atau proses ketika seseorang mulai menyalakan gawainya hingga muncul suatu tampilan di layar. Seperti halnya proses booting pada umumnya, yang muncul pertama adalah tulisan Huawei yang selanjutnya diikuti oleh logo dari HarmonyOS ini.

Tak hanya itu saja, Huawei juga sekaligus memberikan cuplikan tentang suatu produk yang kemungkinan besar akan diperkenal pada saat perilisan sistem operasi terbaru ini. Berdasarkan berbagai spekulasi yang ada, berbagai sumber mengatakan bahwa kemungkinan besar itu merupakan produk dari Huawei MatePad2. Karena ini diprediksi akan dirilis secara resmi bersamaan dengan perilisan dari HarmonyOS, bukan hal yang mustahil bila ini pun akan menjadi gawai pertama yang secara resmi berjalan di sistem operasi terbaru dari Huawei.

Terkait dengan perilisan dan penggunaan dari HarmonyOS ini, pihak dari Huawei sudah memprediksi bahwa setidaknya akan ada 300 juta pengguna yang menggunakan sistem operasi terbaru ini. Prediksi ini menyebutkan juga bahwa setidaknya tiga puluh persen atau sepertiga dari pengguna itu adalah mereka yang menggunakan produk terbaru yang memang sejak awal sudah berjalan di HarmonyOS ini. Bila dilihat dari segi tampilan atau interface dari sistem operasi ini, secara umum tampilannya masih tidak terlalu jauh berbeda dengan EMUI 11 yang merupakan ROM resmi dari Huawei yang terakhir kali dirilis. Selain itu, tampilan yang ada juga masih mengesankan bahwa sistem operasi HarmonyOS masih membawa karakter dari Android 10 yang memang merupakan dasar dari pengembangan EMUI 11. Karena itu, banyak juga yang berspekulasi bahwa ini masih berbasis Android dan belum sepenuhnya lepas dari Android.

Walau demikian, besar kemungkinan juga bahwa HarmonyOS akan menjadi jembatan bagi perkembangan Huawei ke depannya. Kemungkinan besar Huawei akan beralih dari sistem operasi Android dan beralih sepenuhnya ke ekosistem HarmonyOS yang sedang dalam pengembangan. Karena itu, banyak juga media yang memberitakan bahwa perilisan dari sistem operasi baru ini menjadi suatu ungkapan selamat tinggal untuk Android, yang mana memang Huawei sudah tidak mendapatkan dukungan untuk versi terbaru dari Android karena kendala dalam hal regulasi yang ada.

Karena ini akan dikenalkan dan dirilis secara resmi, tentu HarmonyOS sudah sepantasnya membawa sesuatu yang baru. Untuk itu, setidaknya ada beberapa hal yang patut diperhatikan berdasarkan video yan ada tentang sistem operasi ini. Yang pertama, bagian pojok kanan atas  bisa digeser ke bawah untuk mengakses pusat kontrol dari gawai ini. Sedangkan, sisi pojok kiri atas menjadi tempat untuk mengakses mesin pencari. Untuk notifikasi, layar cukup digeser ke arah bawah dari lokasi mana saja. Yang juga tak kalah menarik adalah proses buka tutup aplikasi yang lebih cepat, dan barangkali ini menjadi daya tarik utama dari harmonyos.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button