Microsoft Membuat File Linux Lebih Mudah Diakses Pada Windows 10


Microsoft Membuat File Linux Lebih Mudah Diakses Pada Windows 10

Bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan sebagian orang, Windows 10 dan Linux bukanlah musuh bebuyutan. Tentu, ada perbedaan besar antara perangkat lunak berhak milik dan open source, tetapi bagi orang yang menjalankan kedua sistem operasi, Microsoft menambahkan fitur yang sangat rapi ke Windows 10 — integrasi file Linux ke dalam File Explorer (Bisa dilihat pada gambar di atas).

Microsoft pada dasarnya membangun rencananya untuk macet kernel Linux penuh di Windows 10, seperti yang diumumkan sebelumnya . Pengguna telah dapat mengakses file Linux di Explorer sejak pembaruan Mei 2019 (Windows 10 versi 1903), tetapi fitur yang sedang diuji sekarang menambahkan ikon Linux (Tux) di panel navigasi sebelah kiri Explorer jika Anda memiliki Windows Subsytem untuk Linux, atau WSL, diinstal.

Baca juga: Bagaimana Cara Screenshot dari Linux? Ini Caranya

Perubahan Terbaru Dari Windows 10

Ini adalah perubahan yang sangat halus, dan juga yang disambut baik. Sebelumnya, pengguna harus membuka distro Linux mereka, pastikan folder saat ini sudah ada di direktori home Linux mereka, kemudian ketik ‘explorer.exe’ untuk membuka jendela File Explorer yang berisi file Linux mereka.

Dalam implementasi baru ini, mengklik ikon Linux akan memunculkan tampilan distro Linux yang tersedia. Ketika Anda mengklik satu, itu akan menempatkan Anda di sistem file root Linux untuk distro tertentu.

Microsoft meluncurkan fitur ini ke pratinjau build terbaru (19603) untuk Windows Insiders yang berlangganan cincin Cepat. Dengan asumsi semua berjalan dengan baik, ini akan berakhir di pembaruan besar berikutnya untuk Windows 10 (20H1).

Tidak jelas kapan 20H1 akan diluncurkan, selain pada semester pertama tahun ini, kecuali adanya penundaan yang tidak diharapkan seperti pandemi virus corona. Microsoft telah berkomitmen untuk merilis dua pembaruan fitur utama untuk Windows 10 setiap tahun, di samping pembaruan keamanan kumulatif yang tiba di Patch Selasa — Selasa kedua setiap bulannya.

Selain integrasi Linux yang lebih baik, rilisnya 20H1 diharapkan dapat menambahkan dukungan untuk widget pihak ketiga ke Windows 10 Game Bar, dimulai dengan yang dari Intel, Razer, dan XSplit.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *