Mengisi Daya Baterai Smartphone yang Baik dan Benar


Smartphone Android masih menjadi ponsel pintar sejuta umat dikarenakan hampir semua merk smartphone menggunakan sistem operasi Android. Namanya smartphone pasti lah canggih, tidak terkecuali yang menggunakan OS Android. Namun, tetap saja terkadang ada saja problemnya, contoh saja cara charge atau ngecas Hp yang benar dan aman itu bagaimana seharusnya.

Berbicara mengenai problematika charging, terkadang ada merk tertentu atau setelah pemakaian tertentu chargingnya bisa melambat.

Ada solusinya per merk, dan secara umum. Nah, Rahasiatekno akan membahas tutorial secara umum, dan inilah dia tips ampuh cara ngecas (charge) hp yang benar dan aman biar cepat penuh.

1. Mematikan Smartphone Saat Pengisian Daya

Biasanya mayoritas pengguna smartphone, termasuk Android, menyalakan Hp ketika charging. Charging dibarengi dengan smartphone menyala dapat melambatkan pengisian baterai karena pengisian tidak optimal, plus merusak baterai karena baterai menjadi lebih cepat panas.

Baca juga: Handphone Terkena Virus Malware dan Cara Mengatasinya

Ngecas baterai dengan mematikan Hp dapat mempercepat pengisian baterai, dan ini merupakan salah satu cara yang benar untuk mengatasi lambatnya charging smartphone Android.

2. Melakukan Penggantian Baterai Smartphone

Terkadang, melambatnya charging pada sebuah smartphone dikarenakan terjadi kerusakan pada baterai. Salah satu cara mengetahu baterai yang rusak dapat diketahui dengan melihat badan baterai yang biasanya terlihat dan terasa mengembang. Bila sudah begitu, maka baterai perlu diganti. Saat pemilihan baterai pastikan memilih yang original agar terjamin keawetannya.

3. Pengisian Daya Dilakukan Langsung ke Sumber Listrik

Charging dengan menggunakan power bank, pc, dan laptop akan memakan proses waktu yang lama. Permasalahannya disebabkan oleh tidak stabilnya arus listrik dari alat-alat tersebut. Oleh karenanya, charging smartphone ke sumber listrik langsung, seperti stop kontak adalah solusinya disebabkan arus listrik di dalamnya stabil.

4. Mengganti Kabel atau Charger

Permasalahan pada kabel dapat membuat charging smartphone melambat. Jika ini yang menjadi masalah dari pelambatan pengisian baterai, maka sebaiknya segera ganti kabel charger Anda. Namun, seringkali kecacatan kabel charger tidak terlihat.

Oleh karenanya, agar dapat memastikan bahwa kabel charger Anda bermasalah, maka coba lakukan charging dengan kabel lain yang dirasa tidak bermasalah. Bila kabel tidak ada masalah, maka perlu dilakukan cek terhadap charger yang mana cara pengecekkannya sama dengan pengecekkan kabel.

5. Mengganti Versi Android Terbaru

Versi Android pun dapat menjadi masalah penyebab dari lambatnya charging smartphone. Biasanya versi Android yang dipakai tidak kompatibel dengan teknologi dari smartphone. Mengganti versi Android ke versi lawasnya akan lebih baik daripada update versi terbaru yang dapat merusak baterai.


Like it? Share with your friends!

0
Admin

Seorang Blogger yang hobi menulis semua informasi tentang teknologi seperti berita komputer, gadget dan informasi games.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *