Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Ponsel yang Telah Penuh


Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Ponsel yang Telah Penuh

Kamu menggunakan ponsel android yang ternyata kapasitas penyimpanannya terbatas? Bila iya, tentu kamu akan kesulitan bila ingin menginstal aplikasi baru. Bahkan untuk melakukan update pun juga tak akan mencukupi. Tentu sangat menyedihkan bukan? Pengguna ponsel ini biasanya akan mencari berbagai cara untuk Mengatasi Kapasitas Penyimpanan.

Kamu tak perlu risau. Karena ada cara yang ajaib bisa kamu lakukan untuk membuat ruang penyimpanan di ponsel android menjadi lebih lapang walaupun kapasitas penyimpanannya begitu minimalis. Ingin tahu caranya? Simak di bawah ini, ya. Karena Rahasia tekno akan membagikannya buat kamu.

Backup beberapa file penting di kartu memori

Ini cara paling mudah untuk membuat Mengatasi Kapasitas Penyimpanan ponsel android kamu menjadi lebih lega. Kamu bisa melakukan back up untuk file-file penting kamu di kartu memori. Dengan cara itu, tentu kapasitas penyimpanan internal di ponsel android kamu bisa lebih fokus untuk menyimpan update aplikasi.

Meski demikian, ada yang unik di beberapa smartphone juga mendukung pemindahan aplikasi ke kartu memori eksternal. Dengan demikian, aplikasi yang sudah kamu instal di smartphone tentu tak bakal tersimpan di storage internal melainkan di storage eksternal. Dengan begitu, smarphone kamu menjadi lebih lancar jika digunakan karena tak ada aplikasi maupun file yang tersimpan di ponsel kamu.

Supaya kamu bisa menjadi lebih paham bagaimana cara memindahkannya ke kartu memori eksternal maka kamu bisa membuka menu Apps maupun App manager. Selanjutnya pilih aplikasi mana yang akan kamu pindahkan dan kamu tinggal tekan tombol move to sd card dan otomatis aplikasi itu akan pindah ke memori eksternal.

Hapus semua file folder .thumbnails

Setelah kamu melakukan back up file ke kartu memori eksternal selanjutnya kamu hapus semua file di folder .thumbnails. folder ini berisi backup atau chace dari foto yang kamu ambil dari kamera. Untuk menghapus folder itu caranya dengan memilih internal storage di menu file manager dan kemudian masuk ke folder DCIM atau picture. Selanjutnya masuk ke folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada. Dengan begitu, dijamin memori android yang penuh kamu akan kembali lancar.

Hapus file cache di semua aplikasi

Bila kedua cara di atas kurang berhasil, kamu bisa melakukan cara berikut. Hapuslah file cache atau file yang bersifat sementara di ponsel. Meski ukurannya kecil dan sifatnya sementara, cache itu kadangkala memakan kapasitas memori internal ponsel kamu. Kamu bisa menghapusnya satu satu cache dari aplikasi di storage ponsel android supaya Mengatasi Kapasitas Penyimpanan menjadi lebih lega.

Jika menghapus satu persatu kamu rasakan memakan waktu, maka kamu juga bisa menghapus sekaligus dengan menggunakan aplikasi untuk membersihkan cache.


Like it? Share with your friends!

0
Admin

Seorang Blogger yang hobi menulis semua informasi tentang teknologi seperti berita komputer, gadget dan informasi games.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *