Tips

Mencari Referensi Mudah Melalui Google Cendekia

Tahukah Anda apa itu Google Cendekia? Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan Google Cendekia. Namun, sebaliknya ada juga yang sama sekali tidak mengerti apa itu Google Cendekia. Perlu diketahui jika Google Cendekia merupakan laman pencarian yang tersedia di Google. Yang mana laman ini sangat bermanfaat untuk digunakan mencari referensi lebih mudah. Sehingga tidak heran jika Google Scholar ini banyak digunakan oleh kalangan akademik seperti mahasiswa pelajar dan lain sebagainya dalam mencari referensi materi belajar.

Google Cendekia masih terbilang baru, karena baru launching pada bulan November 2004. Adapun kebanyakan indeks dari Google Cendekia meliputi jurnal online yang berasal dari publikasi ilmiah. Tak hanya itu, banyak sekali fitur yang tersedia di Google Scholar seperti halnya bisa dimanfaatkan untuk menemukan materi yang diperlukan dalam pelajaran seperti jurnal dan makalah. Bahkan, tersedia juga beberapa format penyimpanan yang bisa dipilih seperti dokumen, PDF, txt, PPT dan masih banyak lagi. Nah, dengan berbagai kelebihan tersebut Google Cendekia juga memiliki beberapa kegunaan yang bisa didapatkan, seperti halnya ulasan berikut ini.

Beragam Kelebihan Google Cendekia

Google Cendekia memiliki nama lain Google Scholar. Yang mana Google ini memiliki beragam kegunaan dan kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun terutama dalam kalangan akademik. Adapun berikut ini beberapa kelebihan dari Cendekia.
Pertama, Anda bisa memanfaatkan Google Scholar untuk mencari referensi yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Bahkan, tak hanya tersedia referensi dalam satu bidang pelajaran, tetapi referensi dari berbagai bidang pelajaran. Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan Google Cendekia yaitu tak perlu lagi mengakses banyak laman untuk mendapatkan referensi yang tepat. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci referensi yang dibutuhkan pada halaman pencarian, setelahnya akan muncul beragam jenis makalah, abstrak, tesis, buku dan artikel. Bahkan, ada beberapa referensi yang sudah tersedia review dari pengguna sebelumnya.

Tak hanya bisa menemukan referensi umum, di Scholar Anda bisa mendapatkan beragam referensi karya-karya dari penerbit akademis yang sudah profesional hingga universitas. dengan penggunaan yang sangat mudah serta fitur yang lengkap, fitur ini akan membantu Anda dalam menemukan berbagai referensi secara mudah. Belum lagi Anda bisa mengakses laman Cendekia secara gratis.

Tak hanya membantu anda untuk mendapatkan referensi yang sangat banyak, tetapi Google Scholar juga bisa membantu kita dalam menemukan hasil penelitian yang paling relevan saat ini. Untuk mengetahui apakah hasil penelitian relevan atau tidak, caranya cukup mudah. Pasalnya sebuah karya yang relevan akan sangat direkomendasikan dan berada di halaman paling awal. Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan Scholar diantaranya setiap pencarian akan menampilkan berbagai artikel, berbagai penelitian, buku dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui apa saja kegunaan dari Google Cendekia, penting juga untuk diketahui bahwa cara penelusurannya sangatlah mudah. Namun sebelum bisa menelusuri beragam artikel serta referensi yang lain, terlebih dahulu pengguna harus login menggunakan email Google melalui browser.

Cara Mengakses Scholar di Mesin Pencari

Caranya cukup mudah, yang pertama Anda harus membuka browser atau langsung membuka aplikasi Google yang tersedia di handphone atau komputer. Di kolom pencarian Google ketikan “Google Cendekia” lalu enter. Secara otomatis anda akan dibawa ke halaman selanjutnya dan masuk ke laman Cendekia. Untuk lebih mudahnya lagi, Anda bisa langsung mengakses tautan https://scholar.google.co.id untuk masuk ke laman Google Cendekia. Di lama ini Anda diharuskan untuk login terlebih dahulu.

Setelah berhasil login, langkah selanjutnya anda tinggal mengetik kata kunci artikel atau referensi yang ingin dicari. Tak hanya itu, cukup dengan mengetik kata kunci nama institusi atau buku, semua referensi baik berupa artikel, abstrak, tesis dan makalah akan muncul di laman pencarian. Sebelum menggunakan Cendekia, pengguna bisa melakukan pengaturan seperti halnya jenis tulisan, bahasa dan opsi-opsi lainnya.

Dengan adanya Cendekia ini tentunya akan sangat mudah untuk mencari beragam referensi yang sangat dibutuhkan, terutama untuk mahasiswa semester akhir yang sedang mencari referensi pengerjaan skripsi atau tesis.

scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button