Mac Terbaru Menggunakan Prosesor ARM 5nM


Mac Terbaru Menggunakan Prosesor ARM 5nM

Tahun 2021 mendatang Apple kembali akan merilis Mac-nya yang pertama dengan menggunakan prosesor ARM. Itu berarti tidak lagi menggunakan prosesor milik Intel.

Menurut kabar, bakal ada 3 prosesor Mac yang kini sedang dikembangkan melalui proyek Kalamata. Ketiga prosesor itu berbasis pada chip A14 yang akan digunakan juga di perangkat iPhone yang akan keluar tahun ini nanti.

Lewat Blomberg dikabarkan bahwa prosesor ARM generasi pertama ini memiliki CPU 12 core dengan delapan core Firestorm yang performanya sangat tinggi dan 4 core Icestorm yang lebih hemat energi.

Sudah sejak lama pula, Apple dikabarkan telah mengembangkan prosesor ARM untuk menggantikan Intel yang selama ini digunakan di perangkat, Mac-nya. Rumornya sendiri kabar itu sudah beredar sejak 2012 silam. Baru-baru ini pula, seorang analis menyebutkan bahwa Mac yang memiliki prosesor ARM ini baru akan dirilis pada 2021 mendatang.

Baca juga: Cara Cek Usia Baterai Macbook yang Paling Mudah dan Aman

Bisa saja peluncurannya pun juga akan tertunda yang diakibatkan adanya pandemi corona. Bila Apple memang akan mengganti prosesor Intel dengan ARM, maka hal itu akan memiliki kontrol yang lebih banyak terhadap hardware yang digunakan.

Intel sendiri memang lebih sulit untuk menawarkan peningkatan performa yang signifikan ketika meluncurkan prosesornya yang terbaru.

Prosesor terbaru ini memiliki konsumsi daya yang begitu efisien. Efisiensinya itu tentu akan meningkatkan daya tahan baterainya pula. Bukan hanya itu saja, penggunaan prosesornya ini diperkirakan mampu untuk mengurangi biaya dari komponen prosesor sebesar 40 hingga 60 persen.

Fakta Tentang Prosesor ARM pada Mac

Mac Terbaru Menggunakan Prosesor ARM 5nM

Pada prosesor ARM yang akan digunakan pada produk Apple terbaru yaitu Mac ini memiliki fakta sebagai berikut.

1. Memiliki 3 sistem on a chip (SoC) yang telah dikembangkan Mac dan berbasis dari prosesor A14 yang digunakan untuk iPhone dan juga iPad. Apple juga akan memberikan siklus pengembangan yang sama untuk prosesor laptop dan mobilenya.
2. Chipnya akan diproduksi oleh TSMC yang menggunakan pabrikasi 5nm.
3. Chip yang pertama ini memiliki 8 core yang cukup kencang dan 4 core yang hemat energi. Sehingga ada 12 chip tertanam pada prosesornya itu. Untuk perbandingan saja, chip A12Z yang dipakai untuk iPad pro terbaru memiliki 8 core dengan 4 core kencang dan 4 core hemat energi.
4. Mac ini tidak hanya menggunakan CPU saja, melainkan juga dilengkapi dengan GPU.
5. Meskipun prosesornya telah diganti dengan ARM, Mac juga akan menggunakan MacOS, jadi tidak akan berpindah ke iOS. Langkah tersebut juga pernah diambil oleh Microsoft untuk laptop Window yang menggunakan prosesor ARM buatan Qualcomm.

Bagaimana? Tertarik menggunakan produk terbaru dari Apple ini? Kiranya kalian bisa lebih sabar menunggu untuk segera diluncurkan secara massal tahun depan nanti.


Like it? Share with your friends!

0
nosirega

Saya menjadi salah satu penulis di website rahasiatekno yang suka membagikan informasi tentang informasi teknologi.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *