Luncurkan Fitur Baru, Kini Jumlah “Like” Pada Instagram dan Facebook Bisa Disembunyikan


instagram dan facebook

Pada zaman sekarang ini yang mana merupakan zaman digital, kehadiran sosial media di tengah masyarakat tidak bisa dipungkiri lagi. Hampir semua orang dipastikan memiliki akun sosial media yang mana bisa menghubungkan satu orang dengan orang lain dalam jangkauan yang sangat luas. Beberapa platform diantara platform sosial media yang populer di tengah masyarakat adalah Instagram dan facebook. Instagram sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk mengambil foto atau video serta dapat menerapkan beberapa filter digital, yang kemudian bisa dibagikan dengan cara memostingnya.

Ketika pengguna memosting foto atau video yang dimilikinya, maka para pengguna instagram yang lain dapat melihatnya, menyukai postingan tersebut dengan memencet tombol berbentuk hati yang terdapat dibawah postingan dan juga dapat berkomentar. Sedangkan facebook sendiri merupakan aplikasi dengan fitur yang secara garis besar hampir sama dengan Instagram. Para penggunanya bisa memosting foto atau video atau hanya sekadar kata-kata saja. Walaupun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok pada tampilan,kedua-duanya memiliki fitur like dan comment yang terdapat dibawah postingan yang diposting oleh penggunanya. Adanya fitur “like” dan “comment” ini terkadang menjadikan beberapa dari pengguna Instagram dan Facebook  berlomba-lomba dalam memosting hal yang menarik demi mendapatkan banyak like dan comment.

Bisa Menjadi Pilihan, Kini Pengguna Bisa Sembunyikan Jumlah Like Pada Postingannya

Sebenarnya sudah sejak 2019 lalu, Instagram berniat untuk menyediakan fitur yang bisa menyembunyikan jumlah like pada postingan pengguna. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan atas pemikiran ini adalah lantaran terdapat banyaknya pengguna yang terobsesi akan jumlah like yang di dapatnya dan hal ini dikhawatirkan dapat memengaruhi kesehatan mental pengguna. Akhirnya setelah beberapa waktu lalu sudah lolos pengujian, Instagram akhirnya secara resmi menghadirkan fitur ini pada platformnya. Fitur ini juga diluncurkan untuk Facebook. Sejak fitur ini resmi diluncurkan, para pengguna Instagram dan Facebook dapat menyembunyikan jumlah like pada unggahannya sendiri, dan juga  bisa memilih untuk meyembunyikan jumlah like pada unggahan orang lain juga.

Disamping itu, menurut paparan yang disampaikan oleh CEO Instagram, yaitu Mosseri, fitur ini bisa diaktifkan dan bisa juga tidak. Hal ini akan memberikan pilihan kepada para penggunanya, jadi mereka tetap bisa memilih untuk menampilkan jumlah like pada unggahannya dengan cara tidak mengaktifkan fitur baru ini. namun, untuk pengguna lain yang ingin menyembunyikan jumlah like pada unggahannya maka bisa untuk mengaktifkan fitur baru ini.

Fitur ini sendiri dinilai sebagai perubahan besar yang mana dengan kehadirannya, pengguna bisa lebih fokus terhadap konten yang akan diunggahnya daripada sekadar ingin mendapatkan jumlah like yang banyak. Pihak Instagram mengungkapkan bahwa tujuan adanya fitur ini adalah untuk mengurangi komparasi sosial yang ada pada msyarakat serta juga mengurangi tingkat kecemasan seseorang.Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa terkadang terdapat beberapa orang yang melakukan aksi berbahaya demi hanya mendapatkan julah like serta komentar yang banyak. Dengan adanya fitur menyembunyikan jumlah like ini, diharapkan hal-hal seperti itu mulai hilang, dan para pengguna hanya fokus pada isi konten yang diunggahnya.

Sementara itu, sampai saat ini Isntagram masih menggelontorkan fitur ini secara bertahap. Hal ini dapat disimpulkan mengetahui fitur ini masih belum tersedia untuk versi terbaru aplikasi Instagram, yaitu versi 189.0.0.41.121 pada Android. Para pengguna Instagram bisa memulai untuk mencoba fitur ini dengan langkah-langkah sebagai berikut: yang pertama, jika pengguna ingin menyembunyikan jumlah like pada unggahan akun yang di-follow nya, maka pengguna bisa langsung menuju opsi pengaturan, kemudian memilih opsi post dan menyalakan tombol “hide like and view counts”. Yang kedua, apabila pengguna ingin menyembunyikan jumalah like pada unggahannya sendiri, maka ketika akan membuat postingan, bisa langsung menuju ke “advanced settings” kemudian mengaktifkan opsi “hide like and view counts”.

Sedangkan bagi pengguna Facebook, diharapkan untuk bersabar menunggu karena untuk Facebook sendiri fitur ini akan baru hadir dalam beberapa pekan ke depan. Sedangkan secara teknis, fitur baru yang akan dihadirkan di Facebook ini juga sama dengan Instagram, yaitu memberikan pilihan pengguna akankan mau mengaktifkannya atau tidak. Ketika sudah diaktifkan, pengguna juga akan diberikan dua opsi sama seperti pengguna Instagram, yaitu menyembunyikan jumlah like pada unggahan orang lain, atau pada unggahannya sendiri.

 

 


Like it? Share with your friends!

0
torah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *