Lebih Dinamis Dan Personal, Google Resmi Luncurkan Android 12


android 1`2

Pada Mei 2021, Google dengan resmi mengumumkan bahwa sistem operasi Android 12 telah diluncurkan. Demi memberikan bayangan sejumlah fitur untuk perilisan pada masa depan, versi beta ini akhirnya diperkenalkan. Menurut VP Product Management Android & Google Play, Sameer Samat, perilisan versi terbaru ini jelas akan memberikan perubahan yang sangat besar dalam sejarah Android. Pihaknya sendiri berfikir untuk memulai pengalaman yang lebik lagi kepada para penggunanya mulai dari warna, cahaya, bentuk , hingga gerakan. Dengan begini, diharapkan versi terbaru ini dapat lebih dinamis, ekspresif, serta lebih personal daripada sebelumnya.

Pembaruan yang Akan Hadir Pada Android 12

Android 12 tentunya diluncurkan dengan dilengkapi beberapa pembaruan. Salah satu pembaruan yang diluncurkannya adalah personalisasi. Nantinya, para pengguna bisa mempersonalisasikan palet warna yang khusus serta dapat mendesain ulang widget dengan sepenuhnya. Pengguna dapat memilih wallpaper dengan menggunakan color extraction, dan kemudian secara otomatis, sistem akan memilih warna yang lebih dominan. Setelah itu,warna akan diaplikasikan kepada seluruh OS meliputi lock screen, widget baru, bayangan notifikasi, kontrol volume dan semacamnya. Pembaruan lain lagi yang didapatkan dari Android 12 adalah animasi yang lebih hidup lagi pada perangkat. Pembaruan yang satu ini akan  membuat setiap gerakan, sentuhan, dan scrolling lebih hidup. Dengan ini, ponsel akan lebih cepat dalam merespon sentuhan hingga gerakan serta animasi akan terasa lebih halus. Selain itu, Google juga merancang ulang dan menyederhanakan interaksi pengalaman dengan lebih efisien dan lancar. Dengan adanya efisiensi daya, maka perangkat akan lebih responsif dan tentunya lebih cepat lagi sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa pengisian ulang. Efisiensi ini sendiri didapatkan dari sejumlah perbaikan seperti adanya pengurangan waktu CPU hingga 22% untuk layanan sistem inti dan juga pengurangan penggunaan inti hingga 15% oleh server sistem.

Selain beberapa pembaruan diatas, para pengguna juga bisa menikmati adanya desain ulang ruang sistem yang terdapat pada sistem satu ini. para pengguna bisa merancang ulang pengaturan cepat, bayangan notifikasi, hingga tombol daya. Disamping itu, bayangan notifikasi akan lebih menyenangkan dan instuitid dengan sekilas tampilan aplikasi yang terdapat pada kolom notifikasi. Kemudian, untuk pengaturan cepat sendiri, prngguna bisa mengontrol seluruh sistem operasi secara praktis dengan swipe atau hanya satu ketukan saja. Quick Setting-pun akan dibangun ulang dengan menyertakan Home Controls serta Google Pay di dalamnya sambil memungkinkanjika ada penyesuaian sehingga memungkinkan para pengguna untuk bisa memiliki seluruh yang diinginkan dengan satu tempat saja.

Pembaruan lainnya yang terdapat pada Android 12 adalah adanya Dashboard Privasi Baru. Disana, pengguna akan mendapati tampilan pengaturan izin yang baru dan data apa saja yang diakses oleh pengguna, oleh aplikasi apa saja, dan seberapa sering. Hal ini akan mendukung kemungkinan pengguna mencabut izin aplikasi dari dashboard. Dalam sistem baru ini, Google juga diketahui akan menambahkan beberapa indikator baru pada bagian atas sebelah kanan dalam status bar. Hal ini bisa membuat pengguna mengetahui saat ada aplikasi yang megakses mikrofon ataupun kamera perangkat. Apabila pengguna ingin menghapis akses pada sensor mikrofon atau kamera pada sebuah aplikasi, pada pengaturan cepat, Google telah menyediakan dua Google baru.

Pihal Google juga mengatakan bahwa Google akan lebih banyak lagi menghadirkan fitur  yang sekiranya bisa membuat pengguna lebih nyaman lagi dan memiliki pengalaman yang baik dalam penggunaan. Pihaknya menyatakan akan terus menemukan cara serta mendorong batasan dan menjanjikan pada akhir tahun ini akan menghadirkan banyak fitur yang akanlebih mempertahankan standar privasi yang tinggi, keselamatan, serta keamanan yang lebih baik lagi.

Sementara itu, untuk para pengguna Google Pixle, diketahui bahwa sudah mulai bisa mengisntal Android 12 beta pada perangkatnya dengan cara mendaftarkan ponselnya. Sebelum mendaftarkan ponsel, pengguna bisa mengecek terlebih dahulu apakah ponselnya sudah memenuhi persyaratan ataukah tidak dengan meng-klik “View your eligible devices”. Apabila sudah memenuhi persyaratan, pengguna bisa mendaftarkan ponsel dan akan mendapatkan notifikasi untuk memulai penginstalan Android 12 pada perangkatnya.


Like it? Share with your friends!

0
torah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *