Handphone Terkena Virus Malware dan Cara Mengatasinya


Peningkatan pengguna smartphone dari tahun ke tahun tentunya ancaman virus yang akan menyerang handphone menjadi kian pesat. Para hacker sering menargetkan para pengguna android sebagai target sasarannya. Pastinya tidak menutup kemungkinan, kamu pun yang menggunakan android tak lepas dari ancaman itu.

Supaya smartphone tetap clear dari malware, kali ini rahasiatekno akan memberikan informasinya mengenai ciri-ciri smartphone khususnya android yang telah terkena virus. Selain itu, kamu juga bisa mencari solusinya untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh virus di smartphone kamu.

1. Tiba-tiba restart ulang

Ketika kamu sedang asyik-asyiknya main game, smartphone yang kamu gunakan tiba-tiba restart sendiri. Hal itu bisa jadi diakibatkan oleh virus yang menyerang sistem androidnya. Bisa juga memang RAM-nya terlalu kecil namun dibuat multitasking sehingga membuat memori internal penuh.

Supaya smartphone tidak restart sendiri, ada baiknya kamu scan dengan menggunakan aplikasi antivirus yang bisa didapatkan dari playstore secara gratis. Aplikasi-aplikasi anti virus gratis itu misalnya Avast, 360 Security, Avira, AVG, dan masih banyak lainnya.

2. Kuota data jadi boros

Jaman serba digital seperti sekarang ini, kuota data tentu menjadi salah satu kebutuhan terpenting. Karena kuota sangat memungkinkan kamu selalu terhubung meski kita ada di luar rumah. Bila kamu merasa pemakaian kuota data cepat habis padahal penggunaannya wajar, maka kamu perlu curiga bahwa ini kerjaannya virus yang menyerang handphone kamu.

Virus tersebut sedang beraksi di background sehingga membuka aplikasi-aplikasi tak penting. Bisa juga secara diam-diam menjalankannya dan membuat kuota data yang kamu punya cepat terkuras habis.

Baca juga: Mengetahui Whatsapp Disadap dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya, maka kamu bisa mengecek aplikasi apa saja yang menggunakan kuota data tersebut. Caranya dengan membuka Setting > Data Usage.

Dari menu tersebut kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang banyak menghabiskan kuota internet. Bila kamu menemukan aplikasi asing yang jarang digunakan namun konsumsi datanya tinggi, itu berarti handphone kamu terserang virus. Langkah terbaik adalah dengan uninstall aplikasi itu.

3. Pemakaian baterai menjadi boros

Ini yang paling terlihat bila handphone terindikasi diserang virus. Baterai yang ada di handphone kamu cepat sekali habis. Padahal kamu sedang tidak menjalankan aplikasi yang cukup banyak.

Tentu saja, hal ini berhubungan dengan sifat virus yang aktif di background yang tak kamu sadari. Banyak cara virus mampu memanipulasi smartphone kamu. Seperti misalnya menampilkan iklan, menjalankan aplikasi tak penting, dan lainnya sehingga membuat baterai handphone kamu boros.

Maka untuk mengatasi hal itu, kamu bisa membuka Setting > Apps. Di menu tersebut akan nampak aplikasi apa saja yang ada di smartphone kamu. Bila kamu menemukan aplikasi asing yang tidak dikenal dan tak pernah mendownloadnya, segeralah uninstall.


Like it? Share with your friends!

0
Admin

Seorang Blogger yang hobi menulis semua informasi tentang teknologi seperti berita komputer, gadget dan informasi games.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *