Mudah Atasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Begini Caranya


Mudah Atasi Flashdisk Tidak Terbaca di PC, Begini Caranya

Sebagai salah satu media penyimpanan eksternal, flashdisk rentan rusak. Hal tersebut disebabkan karena berbagai macam faktor. Beberapa diantaranya adalah karena sering dipinjam dan dihubungkan ke banyak komputer. Kerusakan yang terjadi pada flashdisk bisa menyebabkan beberapa hal. Contohnya bisa seperti, flashdisk tidak terbaca.

Penyebab Kerusakan Flashdisk

Ada banyak hal yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca ketika dikoneksikan ke komputer ataupun ke device lain seperti smartphone. Beberapa penyebabnya adalah:

  1. Terinfeksi virus.
  2. Ada masalah yang berkaitan dengan driver USB.
  3. Flashdisk rusak atau sudah mati dan tidak bisa digunakan.
  4. Ada masalah dengan bagian port USB-nya.
  5. Flashdisk tersebut belum atau tidak diformat sama sekali.

Baca juga: Cara Praktis dan Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Jika saat Anda mengkoneksikan flashdisk dengan komputer dan ternyata tidak terdeteksi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan melepas kemudian menancapkannya kembali ke port USB lainnya. Jika cara ini bisa dilakukan, maka port USB komputer Anda yang sedang bermasalah.

Sedangkan jika flashdisk tidak terbaca di pc, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui driver Anda. caranya adalah sebagai berikut ini,

  1. Klik start dan klik run.
  2. Setelah itu jalankan Device manager dengan mengetikkan msc. Kemudian klik bagian disk drive agar drive yang terhubung dengan komputer Anda bisa tertampilkan.
  3. Klik kanan untuk memilih driver flashdisk. Lalu bisa memilih update driver yang sudah disediakan secara otomatis. Tunggu hingga proses download berlangsung.
  4. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung klik klik an updated driver.
  5. Jika sudah selesai, klik finish. Kemudian lakukan restart komputer. Coba lagi dengan mengkoneksikan antara flashdisk dengan komputer.

Selain flashdisk tidak terbaca cmd sepenuhnya, ada masalah lain yang biasanya ditemui. Kerusakan tersebut adalah data atau file dari flashdisk yang tidak bisa terbaca padahal flashdisk tersebut terbaca oleh komputer.

Apabila hal ini terjadi, maka cara yang perlu dilakukan adalah dengan format ulang. Namun, jika Anda melakukan cara ini, maka Anda harus menanggung resiko file hilang. Untuk format ulang, cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Buka windows explorer atau tekan tombol windows+E di keyboard Anda.
  2. Klik kanan di driver flashdisk, lalu klik format dan start. Tunggu hingga proses format ulang tersebut selesai dilakukan.
  3. Klik close.

Apabila semua cara tersebut sudah dilakukan dan flashdisk tetap tidak bisa diperbaiki bahkan setelah dicoba di beberapa komputer, tandanya flashdisk sudah rusak. Jika hal tersebut terjadi maka solusinya adalah menggunakan flashdisk baru dan melindungi komputer Anda dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalu melakukan scanning setiap kali ada flashdisk yang terkoneksi dengan komputer dan scanning komputer secara keseluruhan.

Mudah sebenarnya dalam mengatasi flashdisk tidak terbaca dan semua orang dapat menjalankannya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dan tetap kunjungi rahasiatekno untuk memperoleh informasi terupdate seputar teknologi.


Like it? Share with your friends!

0
zamhar

Salah seorang penulis profesional yang menuliskan berita tentang film, games dan teknologi terbaru di dunia.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *