5 Situs untuk Download Subtitle Terbaik


5 Situs untuk Download Subtitle Terbaik

Saat Anda melihat sebuah film luar negeri, untuk memahami isi dari film tersebut, biasanya Anda akan melihat arti percakapannya di bagian bawah atau bagian subtitle. Jika film tersebut ditayangkan di televisi, biasanya sudah ada subtitle-nya sendiri. Namun jika Anda mengunduh film, maka Anda butuh untuk download subtitle tersebut agar Anda bisa mengerti apa yang diucapkan.

Sebelum Anda download a subtitle tersebut, ada baiknya jika Anda tahu apa itu subtitle dan dimana bisa mengunduhnya. Karena hal tersebut, kami membagikan informasi berikut hanya untuk Anda.

Pengertian Subtitle

Secara keseluruhan subtitle adalah tulisan yang ditayangkan untuk menerjemahkan percakapan dari film atau video asing. Tujuannya adalah agar orang yang menonton video atau film tersebut menjadi lebih mengerti arti dari tontonan yang sedang dilihat.

Pada dasarnya, ada 3 jenis subtitle yaitu:

  1. Hardsub: subtitle yang sudah digabungkan dengan video sehingga sudah tidak bisa dirubah.
  2. Softsub: bagian dari close subtitle yang filenya terpisah dari video dan bisa Anda rubah.
  3. Pre Rendered: bagian dari close subtitle yang terpisah dari frame. File ini bisa ditampilkan, di edit dan dihilangkan. Biasanya ada di DVD, blue ray ataupun cc pada Youtube.

Jika Anda mengunduh soft subtitle, biasanya tersimpan atau berformat seperti berikut:

  • SRT (SubRip Caption): format text dengan jam:menit:detik,milidetik dalam 3 desimal.
  • SUB: format yang digunakan adalah jam:menit:detik.milidetik dalam 2 desimal.
  • Txt: format yang dibuat menggunakan notepad.

Baca juga: Cara Menggunakan Subtitle Film di Android Dengan MXPlayer

Situs untuk Mengunduh Subtitle

Beberapa situs tidak menyediakan subtitle sehingga mau tidak mau Anda harus download subtitle sendiri. Untuk mengunduhnya, Anda bisa ke situs berikut dan mencari subtitle yang Anda butuhkan sesuai dengan film yang diinginkan.

1. iSubscene

Di situs ini, Anda bisa download subtitle indo atau bahasa Inggris misalnya untuk drama Korea. Situs ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan Subscene yang sudah diblokir oleh kominfo.

2. OpenSubtitles.org

Situs ini memiliki interface seperti situs forum. Walaupun begitu, Anda bisa mengunduh ribuan subtitle dari film ataupun drama yang diinginkan. Selain itu, Anda bisa memilih subtitle sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan.

3. Island Fansubs

Situs ini adalah situs untuk mengunduh file subtitle dalam bahasa Indonesia. Jika 2 situs sebelumnya menyediakan subtitle untuk film ataupun drama, maka Island Fansubs hanya untuk drama Korea dan serial Asia. Namun, tidak semua drama memiliki subtitle di situs ini jadi, bisa saja Anda tidak menemukan yang dicari.

4. Addic7ed

Situs ini bisa menjadi alternatif untuk mencari subtitle film atau drama yang Anda inginkan. Setiap subtitle terbaru yang diunggah akan langsung ada di halaman depannya.

5. iSubtitles.org

Situs ini memiliki subtitle yang cukup lengkap. Mulai dari drama Korea hingga film Hollywood. Namun, iklan yang banyak ditampilkan di situs ini, akan membuat Anda sedikit terganggu saat mencari subtitle yang diinginkan.

Itulah pengertian dan situs apa saja yang bisa digunakan untuk download subtitle. Semoga informasi ini membantu Anda.


Like it? Share with your friends!

0
zamhar

Salah seorang penulis profesional yang menuliskan berita tentang film, games dan teknologi terbaru di dunia.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *