Dampak Perkembangan IPTEK di Dunia


Dampak Perkembangan IPTEK di Dunia

Kemajuan teknologi menjadi hal yang sering dibicarakan saat ini, karena perannya berguna bagi siapapun. Di sisi lain, penggunaan tanpa batas waktu juga mempunyai efek bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui dampak perkembangan IPTEK di dunia untuk menambah wawasan.
Manfaat dan Fungsi IPTEK Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan adanya IPTEK. Teknologi berkembang dengan pesat mulai dari peran sosial media dan lainya. Salah satu contohnya yakni Google yang merupakan platform terkenal sampai saat ini, sebab banyak orang menggunakannya.

Fungsi teknologi secara khusus membantu kegiatan belajar mengajar kepada anak agar tidak gagap akan IPTEK. Sistem ini juga dapat mempermudah pengguna dengan pemakaian yang lebih fleksibel. Selain itu, banyak orang menggunakannya untuk sarana ekplorasi serta menambah pengetahuan.

Baca juga: Contoh Perkembangan Iptek Indonesia

Maka dari itu, penting bagi masyarakat di seluruh dunia untuk mengenal IPTEK agar tidak tertinggal oleh negara lain. Di samping itu, teknologi sudah menjadi bagian dari keberlangsungan hidup setiap orang. Jika diambil positifnya maka adanya hal ini membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah dan efektif.

Beberapa Dampak Perkembangan IPTEK di Dunia

Setiap penggunaan IPTEK pasti mempunyai dampak dari hal tersebut. inovasi yang diberikan akan membawa banyak manfaat. Oleh sebab itu perlu Anda ketahui beberapa hal tentang efek teknologi terhadap kehidupan sehari-hari. Berikut ulasannya:

1. Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi dalam dampak positif yakni kemajuan teknologi yang meningkat membuat produktivitas baik segi produksi dan dan industri meningkat. Persaingan antar pekerja tinggi sehingga memerlukan skill tambahan. Di sisi lain, pengeluaran sangat sedikit karena tidak membutuhkan karyawan tidak banyak

Dampak negatif yang dihasilkan dalam bidang ekonomi yaitu pengangguran semakin banyak karena, rata-rata pekerja tidak mempunyai kualifikasi sesuai. Adanya sistem jual beli menipu hal ini akan merugikan orang lain. Di samping itu, juga banyak orang berbelanja dengan sistem online

2. Bidang Sosial

Mendengar kata sosial pasti tidak asing lagi jika dikaitkan dengan dampak adanya IPTEK. Kehadiran sebuah teknologi yang cepat mempermudah komunikasi satu dengan lainnya. Informasi dari masyarakat cepat dipublikasikan. Adanya sosialisasi dari pemerintah dapat langsung di sampaikan ke rakyat.

Dampak negatif dari bidang sosial yakni komunikasi seseorang yang biasanya tatap muka kini menggunakan sebuah media. Kemrosotan moral juga akan terjadi di lingkungan. Hal ini membuat orang kaya akan materi namun, mempunyai jiwa miskin dalam rohani.

Banyak efek yang diberikan oleh IPTEK. Namun, sebagai pengguna harus tetap mengetahui dampak perkembangan IPTEK globalisasi. Di samping itu, adanya layanan berikut akan menambah wawasan tentang teknologi baru agar tidak gagap akan sistem berikut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempelajarinya sebagai media dan sumber edukasi.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *