Contoh Perkembangan Iptek di Indonesia


Contoh Perkembangan Iptek di Indonesia

Ilmu pengetahuan teknologi di Indonesia sejauh ini berkembang dengan pesat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Terdapat pula dampak dari berkembangnya ilmu tersebut terhadap kehidupan sehari-hari. Ada beberapa contoh perkembangan iptek di Indonesia yang nampak nyata di sekitar Anda.

Contoh Perkembangan Iptek di Indonesia pada Bidang Informasi dan Komunikasi

Pertama telepon, merupakan alat elektronik pertama muncul sebagai media yang berfungsi untuk menghubungkan komunikasi antara 2 orang tanpa bertatap muka. Dulu benda ini masih menjadi fasilitas umum, namun sekarang umumnya setiap rumah memilikinya masing-masing.

Kedua handphone atau telepon genggam termasuk perkembangan dari telepon. Karena benda ini sudah bisa Anda bawa ke manapun dan kapanpun. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak tipe ataupun jenis yang beredar di Indonesia seperti Android dan iPhone.

Ketiga aplikasi komunikasi. Seiring berjalannya waktu, handphone berkembang menjadi smartphone atau telepon pintar. Anda sudah bisa meng-install aplikasi untuk berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet.

Keempat platform berita online. Dengan adanya jaringan internet, segala sesuatu menjadi lebih mudah. Termasuk mengetahui berita terkini baik di Indonesia maupun dunia.

Contoh Perkembangan Iptek di Bidang Ekonomi dan Industri

Dalam bidang ekonomi, aplikasi toko online menjadi salah satu contoh perkembangan teknologi di Indonesia. Di industri, hal ini menjadi salah satu tempat bagi masyarakat untuk berdagang barang-barang yang layak jual.

Menyusul toko online, ada aplikasi lowongan pekerjaan juga menjadi contoh adanya perkembangan ilmu teknologi di Indonesia. Ini sangat berguna untuk masyarakat karena pencari SDM kebanyakan mencarinya pekerja di situ.

Selain dua hal di atas, aplikasi konsultasi kesehatan juga berguna untuk masyarakat karena memudahkan sebagian orang untuk mendapat solusi atas sakit yang diderita, baik fisik maupun psikis mereka.

Dalam segi pembayaran, transaksi jual beli ataupun transfer uang juga mengalami perubahan. Jika dahulu perlu pergi ke bank untuk setor uang, sekarang hanya perlu melalui internet banking dan tidak perlu lagi bertatap muka dengan teller.

Contoh Perkembangan Iptek di Bidang Sosial Budaya

Dengan berkembangnya teknologi, masyarakat bisa mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia melalui aplikasi pengenalan hal itu. Umumnya, berguna untuk mengenalkan anak kepada budaya leluhurnya dan mampu menjaga kelestariannya.

Bermunculan pula media sosial yang menjadi salah satu bukti bahwa perkembangan ilmu teknologi sangatlah cepat. Terutama di Indonesia, semua kegiatan atau apapun itu bisa dibagikan kepada orang-orang melalui Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi.

Contoh Perkembangan Iptek di Bidang Pendidikan

Ada banyak jenis aplikasi belajar yang tersedia secara gratis di play store atau app store. Contoh ini sangatlah berpengaruh pada pendidikan di Indonesia karena semua bisa mulai belajar banyak hal. Sebagai contoh, Ruang Guru, Rumah Belajar, Meja Kita dan masih banyak lagi lainnya.

Biasanya, setiap sekolah juga memiliki aplikasi ataupun platform yang berguna sebagai media pemberian informasi tentang administrasi dan laporan hasil belajar siswa. Dengan begitu, orang tua juga bisa memantau anaknya dalam hal pendidikan.

Di atas tadi adalah beberapa contoh perkembangan iptek di Indonesia pada berbagai bidang. Semoga dengan berkembangnya teknologi masyarakat mampu memanfaatkannya dengan baik dan berguna untuk kehidupan sehari-hari.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *