3 Cara Untuk Cek Spesifikasi Laptop Sebelum Membeli


3 Cara Untuk Cek Spesifikasi Laptop Sebelum Membeli

Kebutuhan akan laptop semakin lama memang semakin tinggi, apalagi saat ini ada kemungkinan upgrade spesifikasi ketika kamu ingin menambah kemampuan perangkat elektronik tersebut. Makanya perlu dilakukan cek spesifikasi laptop agar proses penambahan kapasitas atau ketangguhan laptop benar-benar tepat.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Pakai Aplikasi

Bagi yang tak ingin ribet pakai fitur yang ada pada laptop, untuk pengecekan spesifikasi. Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi untuk membantu mengetahuinya, cara kerjanya juga relatif mudah dan cepat. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah cek spesifikasi laptop online dengan aplikasi HWiNFO yang bisa diunduh melalui berbagai platform. Bagaimana caranya?

  • Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi ini pada laptop yang akan dicek spesifikasinya. Kemudian instal dan biarkan aplikasi berjalan dengan menekan tombol run yang muncul di layar monitor.
  • Setelah masuk halaman aplikasi tersebut, kamu akan langsung mengetahui spesifikasi teknisnya secara lengkap/ baik itu RAM, GPU, CPU, hingga motherboard. Data ini bisa disimpan langsung jika kamu ingin membutuhkannya dilain waktu. Cara ini cocok untuk cek spesifikasi laptop untuk game atau jenis lainnya, karena dijamin akurat.
  • Untuk pengecekan spesifikasi saat ini atau secara real time, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini. Caranya dengan memilih menu sensor, dimana semua spesifikasi yang sedang bekerja, hingga berapa minimum dan maksimal kinerjanya bisa terlihat jelas.
  • Jika sudah selesai, kamu tinggal menutup halaman tersebut dengan menekan tanda silang yang terdapat di sudut kanan atas layar monitor.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Melalui Sistem

Untuk cara manual yang hanya mengandalkan fitur pada laptop, kamu bisa memanfaatkan beberapa cara diantaranya dengan buka menu setting, kemudian pilih system dan lanjutkan dengan tekan tombol about. Cara ini akan mengetahui spesifikasi windows yang dipakai pada laptop tersebut.

Cara lain adalah dengan perintah DxDiag, dimulai dengan menekan tombol Win+R bersamaan, lanjutkan dengan mengetik perintah run pada box yang muncul di layar monitor kamu. Kemudian ketik dxdiag pada kolom dan pilih OK. Dan layar laptop akan menyajikan data lengkap terkait spesifikasi dari laptop tersebut, mulai dari nama, OS, hingga RAM yang tersedia.

Cara ini juga bisa diterapkan pada berbagai merek dan jenis laptop termasuk cek spesifikasi laptop Asus, HP, masih banyak lagi. Dijamin data yang ditampilkan adalah valid dan bisa jadi acuan, terutama bagi yang butuh untuk upgrade atau melakukan perbaikan sistem operasi dan hal lainnya pada perangkat tersebut.

Demikianlah sejumlah cara cek spesifikasi laptop yang bisa kamu coba langsung sekarang. Kalau menggunakan aplikasi tambahan maka pastikan kamu terkoneksi internet saat mengunduh aplikasi tersebut. Tapi kalau hanya menggunakan fitur bawaan laptop, pastikan saja baterai laptop kamu full agar proses pengecekan berjalan lancar.


Like it? Share with your friends!

0
Admin

Seorang Blogger yang hobi menulis semua informasi tentang teknologi seperti berita komputer, gadget dan informasi games.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *