Cara Mengosongkan Memori Android yang Penuh


Keluhan dari mayoritas pengguna android yaitu adalah keterbatasan memori RAM pada ponselnya. Dengan begitu tentu saja menjadikan banyak kendala saat mereka harus menambah aplikasi tertentu atau ingin menyimpan foto dan videonya.

Android memberikan peringatan kepada penggunanya ketika media penyimpanannya hampir habis. Hal itu tentu menjadi suatu hal yang tak diharapkan oleh para penggunanya. Lalu bagaimana solusi untuk menghindari memori yang penuh dan tidak membuat ponselnya jadi lemot?

Pada sebagian penggunan android yang mungkin saja kehabisan media penyimpannya maka saat menyimpan foto-fotonya. Namun, sebagian lainnya memilih untuk menggunakan micro SD sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang mudah bisa kalian lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal maupun microSD yang ada di android atau cara mengosongkan memori android:

1. Membersihkan cache

Aplikasi-aplikasi android yang disimpan atau diletakkan di cache supaya lebih mudah ditemukan saat akan kembali dibuka untuk menghemat data seluler. Namun ternyata aplikasi yang disimpan di cache itu tidak sepenuhnya diperlukan.

Bila pengguna android akan membersihkan ruang di ponselnya dengan cepat, maka hal yang pertama diperhatikan adalah cache aplikasinya.

Untuk kamu yang ingin menghapus cache, maka caranya dengan membuka Pengaturan>Aplikasi>Manajer Aplikasi kemudian ketuk aplikasi yang akan dihapus.

Di aplikasi, pada ketuk menu aplikasi tersebut lalu kembali ke ketuk ke menu penyimpanan dan ketuk hapus cache supaya seluruh cachenya terhapus.

Selanjutnya untuk menghapus data yang di-cache pada semua aplikasinya, kamu buka menu Pengaturan>Penyimpanan dan ketuk data yang di-cache supaya cache tersebut terhapus dari semua aplikasi pada ponselnya.

2. Menghapus unduhan

 

Di ponsel android memiliki folder unduhan sebagai tempat penyimpanan semua yang telah diunduh, seperti misalnya foto, video, dokumen, hingga file-file lainnya yang telah disimpan.

Kemungkinannya pada sebagian besar file di folder tersebut bukanlah file yang secara khusus ingin dilihat.

Baca juga: Aplikasi-Aplikasi Antivirus untuk Lindungi Smartphone Android

Ada banyaknya unduhan yang tidak perlu menjadi faktor penuhnya ruang penyimpanan. Dengan demikian, kamu harus hapus file unggahannya agar ruang penyimpanan di android kamu bebas.

Untuk cara menghapus file unduhan ini, kamu buka folder unggahan yang dinamakan My File di ruang aplikasinya. Kemudian, ketuk dan tahan untuk memilih ikon sampah. Selanjutnya kamu ketuk tombil hapus atau singkirkan.

3. Menghapus foto

cara mengosongkan memori android Agar kapasitas memori di android kamu berkurang, maka kamu bisa kosongkan foto-foto yang disimpan di ponsel kamu. Pertama, kamu perkecil ukuran fotonya dengan kata lain dicompress.

Selanjutnya untuk mengecilkan ukuran foto ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi kompresi foto yang bisa kamu dapatkan di toko aplikasi.

Cara selanjutnya dengan memindahkannya ke Google Photo atau iCloud. Para pengguna ponsel jika ingin melakukannya tentu harus mengaktifkan fitur cadangan maupun sinkronisasi Google Photos agar ruang penyimpanannya bisa dimanfaatkan secara gratis.

Setelah kamu berhasil mencadangkannya dengan menggunakan Google Photo, maka selanjutnya buka menu pengaturan>kosongkan penyimpanan perangkat lalu Google Photo akan menghapus semua foto dan video yang berhasil dicadangkan.

Cara terakhir yakni dengan memindahkan semua foto yang disimpan di android ke pc atau media penyimpanan eksternal lainnya.


Like it? Share with your friends!

0
jati

Salah satu admin di rahasiatekno yang menjadi penulis handal dengan menyajikan berita terupdate tentang gadget, teknologi, tips dan berita terbaru lainnnya.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *