Tips

Cara Menghapus Chromium Paling Mudah

Ada banyak sekali jenis browser yang ada pada laptop, salah satunya adalah chromium. Sayangnya browser yang satu ini bisa dibilang adalah browser bermasalah yang lebih banyak menyebarkan virus. Karenanya banyak orang yang mencari bagaimana cara menghapus chromium dengan mudah.

Cara Menghapus Chromium

Langkah pertama yang diberikan ini sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Sehingga bisa langsung diterapkan, dan tidak akan memperberat kinerja laptop. Adapun cara menghilangkan chromium diantaranya.

  1. Pilih menu start pada laptop dan pilih menu control panel
  2. Lalu masuk ke halaman control panel, setelahnya pilih programs, dan pilih menu programs and features
  3. Gulirkan dan cari aplikasi chromium dan setelahnya pilih menu uninstall
  4. Muncul popup uninstall chromium, pilih setuju dengan mengklik lambang centang. Lalu pada kotak kecil dengan bacaan “also delete your browsing data” pilih juga lambang centang.
  5. Setelah selesai bersihkan file malware yang masih tersisa supaya chromium tidak muncul lagi
  6. Buka menu windows explorer dan pilih menu tools, lalu folder options, dan aktifkan show hidden folder
  7. Masuk ke C:/User/NamaUser/App Data Local, dan selanjutnya cari folder chromium.
  8. Apabila sudah ketemu langsung saja klik kanan, untuk kemudian menghapus semua data yang ada pada folder tersebut.

Setelah melaksanakan semua proses di atas ada baiknya untuk merestart laptop terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya hasil yang didapat benar-benar optimal dan chromium benar-benar menghilang dari laptop.

Cara ini benar-benar ampuh dalam menghilangkan chromium karena menghapus semua file malware chromium. Hanya saja pengguna harus teliti dalam mencari file penyimpanan tersembunyi dari chromium ini.

Cara Menghapus Chromium Menggunakan Aplikasi

Terkadang aplikasi chromium bisa kembali muncul ketika tidak sengaja mengaktifkan website yang berisikan malware saat sedang bermain internet. Oleh karena itu banyak yang memutuskan untuk menghilangkan chromium secara permanen dengan menggunakan aplikasi tambahan.

  1. Instal Iobit uninstaller yang merupakan aplikasi tambahan gratis dan juga memiliki ukuran kecil namun sangat handal.
  2. Buka aplikasi, dan pada halaman beranda cari aplikasi dengan nama chromium.
  3. Klik aplikasi tersebut, dan selanjutnya pilih menu uninstall
  4. Aplikasi iobit akan menawarkan pengguna untuk membuat restore point serta penghapusan residual files. Pada bagian ini pengguna bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan.

Pada saat melakukan uninstall chromium dengan Iobit ini memang memakan waktu yang lama dibandingkan dengan melakukannya sendiri. Namun begitu cara ini juga sangat ampuh, dan cocok bagi yang tidak bisa melakukan sendiri. Apalagi ukuran aplikasinya juga kecil sehingga tidak akan memberatkan laptop.

Itulah tadi dua cara mudah yang bisa digunakan untuk menghapus chromium. Dengan menggunakan dua cara di atas pengguna sudah tidak usah lagi bingung mencari bagaimana cara menghapus chromium yang membandel. Jadi laptop pun akan terhindar dari virus berbahaya yang berasal dari chromium.

scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button