Cara Menggunakan VPN Lewat Ponsel Android


Cara Menggunakan VPN Lewat Ponsel Android

Virtual private network atau yang lebih dikenal dengan VPN saat ini banyak digunakan terutama saat hendak mengakses website yang tidak bisa dibuka di Indonesia. VPN sendiri tidak hanya dapat digunakan di komputer namun juga di smartphone seperti android. Namun, cara menggunakan VPN baik di android ataupun pada komputer tidak jauh berbeda.

Sebelum Anda menggunakan VPN, ada baiknya jika Anda mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu. Pastikan jika aplikasi tersebut terpercaya sehingga tidak terjadi hal buruk selama Anda menggunakannya. Misalnya peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung.

Ada beberapa VPN yang bisa Anda pilih kemudian diinstal di Android Anda. Diantaranya adalah:

  1. StrongVPN
  2. Master VPN
  3. TunnerBear.com
  4. SurfEasy
  5. Opera VPN
  6. Hola VPN Proxy
  7. Flash VPN Proxy
  8. OpenVPN Network

Jika Anda menggunakan OpenVPN, Anda harus tahu terlebih dahulu jika pengaturan android tidak bisa atau tidak mendukung server OpenVPN. Karena hal tersebut, Anda harus menggunakan OpenVPN Connect terlebih dahulu. Namun, pastikan jika Android Anda minimal merupakan android 4.0 dan tidak perlu root.

Namun, untuk smartphone dengan android minimal versi 4.2, Anda bisa  mengaktifkan atau mengatur cara menggunakan VPN di android dengan mudah. Anda akan mendapati notifikasi pengaturan yang bertuliskan “always-on VPN” agar jaringan VPN terus terhubung walaupun sebelumnya terputus.

Pengaturan VPN Bawaan Android

Saat ini sudah banyak android yang dilengkapi dengan setting untuk memudahkan penggunaan VPN. Setting atau pengaturan tersebut dalam jenis PPTP dan L2TP.

Untuk jenis vpn ini, maka Anda perlu mempunyai akun data server atau IP. Sehingga Anda perlu password dan username untuk menggunakan VPN ini. Cara menggunakan VPN ini adalah dengan tahapan berikut ini:

  1. Buka pengaturan atau setting di ponsel Anda.
  2. Pilih wireless and network.
  3. Pilih menu VPN dan tab menu tersebut lalu isi informasi mengenai VPN PPTP & L2TP yang dimiliki.

Menggunakan VPN Private

Cara lain adalah dengan menggunakan jenis VPN Private yang termasuk sebagai salah satu VPN terbaik. Download dan install terlebih dahulu VPN private di ponsel anda. Kemudian lakukan cara ini:

  1. Buka aplikasi VPN tersebut dan pastikan jika Anda memiliki koneksi internet.
  2. Setelah itu, Anda akan dimintai jaringan negara untuk dihubungkan atau dikoneksikan. Misalnya pilih united kingdom kemudian tab connect.
  3. Tunggu hingga beberapa saat. Nantinya ponsel Anda akan terhubung dengan VPN dan jika sudah terhubung aka nada notifikasi di bagian atas.
  4. Setelah itu, Anda bisa berinternetan dengan lebih bebas.
  5. Jika Anda sudah tidak menggunakan VPN tersebut, maka tab disconnect untuk memutus jaringan. Lakukan cara yang sama setiap kali Anda ingin menggunakan VPN untuk mengakses situs tertentu.

Itulah cara menggunakan VPN menggunakan ponsel Andorid yang bisa Kami sampaikan. Tetap stay tune untuk tahu informasi terbaru seputar teknologi dan semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 


Like it? Share with your friends!

0
zamhar

Salah seorang penulis profesional yang menuliskan berita tentang film, games dan teknologi terbaru di dunia.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *