Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Secara Mudah


Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Secara Mudah

Dibandingkan dengan menggunakan smartphone, mengerjakan sesuatu seperti pekerjaan kantor menjadi lebih mudah jika dikerjakan dengan komputer. Sayangnya, komputer tersebut sering digunakan oleh lebih dari 1 orang. Karena hal tersebut, file bisa saja hilang dan menjadi penyebab kepanikan. Namun, ternyata ada cara mengembalikan file yang terhapus tanpa harus menimbulkan kecemasan.

Cek Recycle Bin

Jika file yang terhapus tersebut hanya temporer, untuk mengembaikan file ke folder semua, Anda bisa melakukannya lebih mudah. Caranya adalah dengan mengecek recycle bin. Klik dua kali icon recycle bin tersebut dan kemudian cari file mana saja yang terhapus. Anda bisa menyeret kembali file tersebut ke folder aslinya atau dengan melakukan restore.

Menggunakan Riwayat File

Jika cara tersebut tidak bisa, Anda dapat menggunakan riwayat file. Cara mengembalikan file yang terhapus ini bisa Anda coba terutama jika Anda menggunakan Windows 10. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka pengaturan di windows 10 Anda. Otomatis mastuk di keamanan dan pembaruan.
  2. Kemudian masuk ke bagian cadangan lalu ke tambah drive.
  3. Nantinya Anda dapat memilih drive eksternal atau lokasi jaringan sebagai cadangan file Anda.

Cara mengembalikan file yang terhapus di pc ini tidak memerlukan aplikasi baru. Gunakan tahapan berikut.

  1. Pada kotak pencarian, ketiklah ‘pulihkan file’. Lalu segera pilih untuk memulihkan file melalui riwayat file.
  2. Cari file yang Anda perlukan dan gunakan icon tanda panah agar Anda bisa melihat semua versinya.
  3. Apabila telah menemukan sesuai versi yang diharapkan, mak pilih ‘pulihkan’. Nantinya file akan tersimpan di folder awal. Jika Anda ingin menyimpan di folder lain, klik kanan pada ‘pulihkan’ lalu pilih pulihkan ke lokasi yang Anda inginkan.

Disk Drill

Cara lainnya adalah dengan menggunakan disk drill. Alat pemulihan ini awalnya dipergunakan untuk Mac, namun kini untuk pengguna windows, juga bisa menggunakan. Keunggulan dari alat ini adalah mengatasi masalah hilangnya partisi, kegagalan boot up, pemformatan hard drive hingga penghapusan yang tidak disengaja.

Alat ini tidak dimiliki oleh semua orang. Karena hal tersebut, jika file yang hilang adalah file penting, maka segera bawa ke tempat reparasi yang terpercaya terutama yang memiliki disk drill.

Pencegahan

Agar file hilang tidak terjadi lagi, ada baiknya jika Anda menyimpan salinan data tersebut di cloud. Anda bisa menggunakan jenis cloud berbayar ataupun gratis. Namun, setidaknya cara ini bisa dilakukan agar file penting Anda tetap dapat terjaga dengan baik walaupun yang dikomputer hilang.

Pencadangan file ini sebiaknya tidak hanya dilakukan di 1 tempat saja. Anda bisa menempatkannya di tempat lain seperti hardisk eksternal.

Semoga dengan cara mengembalikan file yang terhapus tersebut, bermanfaat untuk Anda. Untuk tahu informasi lain seputar teknilogi, simak terus website kami.


Like it? Share with your friends!

0
zamhar

Salah seorang penulis profesional yang menuliskan berita tentang film, games dan teknologi terbaru di dunia.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *