Tips

Cara Kompres Video Tanpa Merubah Kualitasnya

Kamu masih awam tentang segala hal yang berhubungan dengan teknologi, termasuk cara kompres video? Maka jangan khawatir simaklah tulisan kami agar anda bisa memahaminya.

Memperkecil ukuran video sekarang memang menjadi kebutuhan wajib, terutama kamu adalah penyuka film, maka harus menyiapkan memori yang cukup besar. Tapi dengan melakukan kompres video maka kebutuhan akan memori menjadi lebih kecil.

Manfaat melakukan kompres video

Banyak yang manfaat melakukan kompres video, jika laptop kamu sudah terisi dengan banyak video dan hardisk kamu sudah penuh. Maka dengan melakukan kompres video hardisk bisa berkurang bebannya sampai setengahnya.

Jika menggunakan hp untuk menyimpan video privasi, maka penyimpanan bisa kamu lakukan untuk banyak video. Oleh karena itulah tidak menunggu lama mari kita simak ulasan berikut.

1. Metode kompres offline

Metode ini bisa kamu lakukan jika memiliki software pada perangkat komputermu, aplikasi atau software tersebut adalah Handbrake. Setelah kamu instal pada laptop, maka bukalah aplikasi tersebut,

Setelah membuka nya maka pilihlah menu open file, atau pilih file. Kamu harus memilih file mana yang akan kamu kompres. Setelah memilihnya tunggulah beberapa saat untuk proses upload pada aplikasi.

Jika sudah selesai, pilih save as, setelah klik dimana video kamu simpan maka klik ok. Setelahnya akan terdapat menu berapa resolusi video yang kamu inginkan. Jika sudah dipilih klik ok, lalu proses kompres video akan berjalan.

2. Kompres video secara online

Sekarang semua hal yang ada di internet bisa kita lakukan, termasuk kompres video menjadi lebih kecil. Caranya adalah dengan mengunjungi situs VideoSmaller.com. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengurangi ukuran dari video hingga setengahnya.

Caranya hampir mirip secara offline tadi, pertama cari situsnya, ketika sudah menemukan maka masuklah pada halaman situs.
Setelah masuk pada halaman utama, maka kamu harus memilih menu browse atau pilih file. Setelah itu file akan di upload pada situs tersebut. Sebelum kamu upload maka pilih resolusi dari ukuran video tersebut. Setelah itu baru pilih atau klik upload.

Proses ini cukup lama karena file tersebut diunggah lewat internet, tidak sama seperti offline tadi. Jika proses sudah selesai, maka unduhlah hasil kompresan dari situs tersebut.

Untuk mengecilkan video sebenarnya ada banyak aplikasi yang digunakan. Tapi dua aplikasi tersebut adalah yang terbaik menurut kami, jug ada sebagian orang yang melakukan proses kompres ini lewat hp.

Ini tidak kami sarankan karena jika lewat hp akan menyebabkan aktivitas hp anda terganggu, terlebih jika yang kamu kompres adalah film dengan ukuran 1GB lebih. Selain itu proses lama juga akan memberikan beban pada smartphone kamu.

Cara kompres video yang terbaik adalah dengan menggunakan laptop atau komputer. Karena dengan begitu kamu bisa bermain hp sambil menunggu hasil kompresnya.

scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button