Cara Cek Usia Baterai Macbook yang Paling Mudah dan Aman


Cara Cek Usia Baterai Macbook yang Paling Mudah dan Aman

Hardware Macbook harus dirawat dengan baik karena ini yang menjadi syarat perangkat masih bisa digunakan dengan sempurna tanpa kendala. Nah, salah satu bentuk perawatan yang bisa dicoba ialah cek usia baterai Macbook secara rutin. 

Bagi laptop maupun notebook Macbook baterai adalah perangkat keras yang tidak boleh berdaya lemah apalagi sampai overheat. Karena perangkat besutan Apple ini membutuhkan daya yang besar atau perangkat tidak bisa digunakan. 

Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan cara mengecek kesehatan baterai Macbook yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Ini penjelasannya!

Cara Cek Via System Informasi

Ada variasi teknik cek usia baterai di Macbook yang salah satunya adalah cek via fitur System Informasi.

1. Akses fitur System Informasi

System informasi adalah fitur yang di dalamnya terdapat berbagai informasi seputar Macbook termasuk usia baterai. Untuk bisa melakukan pengecekan silakan temukan dulu fitur ini. Berikut caranya:

  • Klik tombol Option di keyboard dan jangan dilepas
  • Lalu letakkan pointer di ikon Apple yang ada di tab Menu
  • Selanjutnya klik ikon tersebut (Apple)
  • Jika caranya benar akan muncul kotak dialog yang di dalamnya berisi beberapa list menu 
  • Silakan scroll lalu pilih System Information

2. Akses Fitur Hardware

Jika sudah berhasil mengakses System informasi maka silakan lanjutkan ke cara yang selanjutnya. Yaitu mencari sub unit informasi pada tab Hardware tertentu yang di dalamnya berisi informasi tentang baterai. Ini dia caranya:

  • Tetap di Fitur system Information
  • Klik Tab Hardware
  • Selanjutnya klik Power atau daya
  • Selanjutnya akan muncul halaman informasi
  • Cek Battery Health Macbook
  • Done

Cara Cek Usia Baterai Macbook melalui Cycle Count

Untuk mengecek usia baterai Macbook bisa menggunakan fitur Cycle Count. Ini juga bisa dilakukan langsung dari perangkat Macbook tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Ini dia cara untuk mengeceknya:

  1. Silakan Open Finder dari perangkat
  2. Selanjutnya klik application
  3. Jika sudah muncul jendela baru, cari tulisan System Profiler/information
  4. Klik fitur Power di kiri sidebar
  5. Selanjutnya pilih Health Information
  6. Pilih Cycle Count
  7. Down

Biasanya informasi usia baterai sudah muncul di sana dalam bentuk angka-angka. Silakan dibaca untuk menilai apakah usia baterai masih normal atau memasuki batasi tidak sehat yang harus segera dicarikan baterai yang baru. 

Ukuran Usia Baterai Macbook yang Sehat

Sebelum menerapkan tips cek usia baterai Macbook yang sudah dijelaskan di atas, pastikan Anda tahu terlebih dahulu ukuran usia baterai yang sehat untuk perangkat atau Macbook cycle count limit. Sehingga ketika sudah tahu usia yang sebenarnya bisa langsung ditindaklanjuti. 

Sejatinya baterai Macbook dianggap sehat jika usia pemakaian daya berada di angka 300 cycle. Jika berada di atas siklus itu berarti usia baterai sudah cukup lama dengan penggunaan daya yang besar. 

Batas maksimal usia baterai Macbook yang bisa digunakan adalah 500 Cycle. Sedangkan di atas itu baterai sudah tidak layak lagi karena bisa membuat perangkat overheat. Solusinya ialah segera ganti dengan baterai yang baru.

Demikian kiat cek usia baterai Macbook yang lengkap dengan siklus atau nilai daya baterai yang masih sehat atau sebaliknya. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda silakan share di Media Sosial supaya banyak orang yang ikut membacanya.  


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *