BenQ EX2780Q yang Memanjakan Mata Para Gamers


Berkembangnya jaman dan teknologi memang tak dipungkiri diikuti pula perkembangan dari video game yang kian canggih. Bukan hanya dari segi mekanik gameplaynya saja agar game yang dimainkan makin solid. Melainkan juga tampilan visual dari yang sebelumnya hanya dibentuk dari beberapa poligon saja. Kini menjadi ratusan ribu poligon hingga jutaan. Maka tak mengherankan bila kemudian banyak developer mulai mengembangkannya untuk menarik minat fans-fansnya lewat tampilan visual game yang dibuatnya.

Beberapa dari video game telah berani untuk menunjukkan tampilan visual yang nyaris tak bisa dibandingkan dengan foto asli. Mungkin kamu juga bisa tertipu dengan penampakan layar monitor yang kamu gunakan, karena kemiripannya dengan benda aslinya. Tekni yang dilakukan ini dalam pengembangan video game disebut dengan photorealistic itu dijamin menjamin mata kalian serta seolah-olah akan membawa kalian ke dalam dunianya. Mulai dari penataan warna, cahaya, dan juga partikel-partikel lainnya yang makin nampak nyata.

Kualitas Grafik Dari Layar BenQ EX2780Q

Melalui teknologi tampilan visual video game yang saat ini sudah mulai menjajaki tingkat resolusi tinggi dari HD (720p), full HD (1080p), QHD (1440p/2K), hingga UHD (2160p/4K). Beberapa dari developer juga mulai mencoba untuk mengaplikasikannya dengan HDR atau High Definition Range. Ini merupakan teknologi yang dititikberatkan secara kontras dan akurasi warna serta film maupun video game. Dengan teknologi itu, akan membuat warna nampak lebih jelas serta mendekati warna di dunia nyata. Misalnya membuat warna apel yang dilihat di layar bukan warna hasil dari coloring grading, namun warna yang ditampilkan 11-12 dengan warna apel yang sesungguhnya.

Baca juga: Aerocool S1-52900 Murah Dapat 3 Kipas RGB

Namun sayang sekali, teknologi itu tak bisa dinikmati dengan menggunakan televisi atau monitor yang mendukung HDR. Untuk itu kalian harus memilih monitor gaming dengan HDR untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Berbeda dengan monitor-monitor biasa, monitor gaming HDR ini memiliki tingkat warna yang lebih kaya dan akurat dengan perpaduan kontras yang tinggi. Namun, sepertinya BenQ yang memiliki teknologi lain dan membuat salah satu produknya yaitu EX2780Q beda dengan monitor gaming pada umumnya.

Hal ini dikarenakan selain memiliki refresh rate yang cukup mumpuni yaitu 144 Hz, EX2780Q memiliki teknologi HDRi yang telah didesain khusus untuk bermain game.

Selain itu, panel yang digunakan yaitu panel IPS. Panel IPS adalah panel yang dibilang superior dalam urusan warna. Kemudian, apa pengalaman kalian setelah mencobanya? Nah, sebelum melanjutkan maka lebih baik kalian melihat spesifikasinya berikut.

Spesifikasi BenQ EX2780Q

BenQ EX2780Q adalah monitor gaming yang memiliki refresh rate 144 Hz dan FreeSync yang mendukung teknologi HDR. Hal itu berarti, monitor tersebut mampu untuk menjalankan video game hingga 144 atau 145 fps yang tampilan visualnya serta akurasi warna yang sangat akurat.

Teknologi FreeSync yang dimiliki mampu memaksimalkan kinerja GPU AMD yang kamu pakai. Di dalamnya menggunakan panel IPS dengan akurasi warna yang tinggi dan bisa dilihat dari arah mana saja. Berbeda dengan panel VA atau TN yang menampilkan gambar tak jelas jika dilihat dari samping, panel yang digunakan BenQ EX2780Q ini bisa kamu lihat dari sudut manapun.

Monitor gaming yang berukuran 27 incih ini didukung dengan resolusi gambar 2K atau 2560 x 1440p yang juga dilengkapi dengan remote yang membantumu melakukan pengaturan sesuai dengan yang kamu mau.

Sama dengan monitor-monitor pada umumnya, tampilannya di luar panel cukup berbeda dengan borderless yang memperluas wilayah panelnya. Pada bagian tengah terdapat sensor yang akan mendeteksi input remote dan teknologi eyecare yang bisa menyesuaikan gelap terang serta blue light sesuai kondisi ruangannya.

Untuk tombol displaynya, ada di bagian belakang kanan monitor. Kemudian di belakang sebelah kiri dilengkapi dengan dua slot HDMI v2.0, DisplayPort, satu slot USB type C, audio jack, built-in speaker 2,1, dan slot untuk kabel power.

Saat untuk pertama kalinya membuka monitor BenQ EX2780Q ini, memang pemasangannya cukup rumit. Namun, pada kenyataannya tidak seperti yang dibayangkan. Berbeda dengan BenQ ZOWIE ketika akan dipasang menggunakan sekrup dan memasukkan kabel di bagian belakang stand. Namun selebihnya, untuk pemasangannya sangat mudah.

Meski kesan pertama yang ditangkap untuk fitur memasukkan kabel di bagian belakang stand ini nampak berlebihan. Namun sesungguhnya dengan disediakan slot tersebut membuat manajemen kabel menjadi nampak rapi.

HDR dan HDRi Teknologi Visual Masa Depan

Teknologi HDR ini memang digembar-gemborkan sebagai teknologi visual masa depan. Karena memberikan pengalaman menonton dan bermain game yang mengasyikkan. Namun sepertinya, semua itu akan sirna karena mulai muncul dengan teknologi visual paling mutakhir yaitu HDRi yakni monitor gaming BenQEX2780Q.

Monitor tersebut memiliki fitur yang membuat beberapa game menjadi nampak lebih nikmat dilihat. Meski belum semua game memiliki fitur HDR, namun fitur tersebut tak akan berjalan maksimal jika gamenya tak memiliki fitur tersebut.


Like it? Share with your friends!

0
nosirega

Saya menjadi salah satu penulis di website rahasiatekno yang suka membagikan informasi tentang informasi teknologi.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *