Beberapa Fitur Baru Android yang Akan Segera Dirilis


Beberapa Fitur Baru Android yang Akan Segera Dirilis

Dunia teknologi tak pernah berhenti mengalami perkembangan. Ini semua ditujukan untuk semakin memudahkan kehidupan manusia yang adalah pengguna dari teknologi tersebut. Beragam teknologi bisa diakses, dan teknologi berupa smartphone dan tablet adalah dua perangkat yang utama. Dalam hal ini, Android menjadi salah satu platform sistem operasi yang sangat banyak digunakan, dan Android ini dikembangkan langsung oleh Google. Dengan banyaknya sektor pengguna dan meluasnya penggunaan sistem operasi ini, Google pun tak pernah berhenti menyajikan fitur baru. Ada beberapa fitur baru android yang telah dipersiapkan dan akan segera hadir pada para pengguna perangkat yang berbasis Android. Pastinya, fitur baru yang ditawarkan tidak hanya ada di satu jenis aplikasi saja, tapi di beberapa aplikasi. Bahkan, beberapa fitur dibuat agar semakin memudahkan penggunanya.

Beberapa Fitur Baru Android yang Akan Sering Digunakan

Android memang sudah mengembangkan beberapa fitur baru. Fitur ini akan dihadirkan pada update terbaru beberapa aplikasi yang merupakan buatan Android. Ada beberapa aplikasi yang mendapatkan fitur baru ini, dan salah satunya ditujukan untuk Password Manager milik Google.

  • Password Checkup

Password Checkup

Fitur terbaru ini berupa password checkup. Sesuai namanya, fitur ini akan digunakan untuk mengecek password anda. Tujuannya adalah memastikan keamanan password dan akun yang sudah sebelumnya anda masukkan di dalam Password Manager. Fitur ini akan menjalankan pengecekan untuk melihat adanya password yang ternyata sudah terekspos atau adanya data yang bocor dari akun anda. Ketika ditemukan hal tersebut, Password Manager akan langsung memberikan rekomendasi agar anda segera mengubah dan mengganti password anda demi meningkatkan keamanan dan privasi anda.

  • Dark Mode Google Maps

Dark Mode Google Maps

Yang kedua akan hadir untuk aplikasi Google Maps. Aplikasi ini sangat banyak digunakan untuk navigasi dan penunjuk arah. Di aplikasi ini, fitur terbarunya adalah dark mode. Sudah ada banyak aplikasi yang menggunakan fitur ini sehingga kehadirannya pun tentu akan sangat disambut baik di Google Maps. Sebelumnya, dark mode ini juga ada tapi hanya muncul ketika sedang melakukan navigasi saja. Sekarang, dark mode bisa diatur melalui pengaturan tema agar tampilan berwarna gelap itu akan selalu aktif walau tidak sedang melakukan navigasi. Tentunya, ini merupakan sesuatu yang terlihat sederhana tapi akan cukup dibutuhkan para pengguna setia Google Maps.

  • Google Messages

Google Messages

Fitur baru android yang ketiga akan hadir pada aplikasi Google Messages. Bagi para pengguna aplikasi pengirim pesan ini, akan hadir fitur untuk mengatur jadwal pengiriman pesan. Sebelumnya, ini bisa ditemukan di versi Gmail yang ada di desktop atau komputer. Fitur ini barangkali terkesan sederhana. Namun, ini akan sangat berguna bagi orang-orang yang pekerjaannya melibatkan tugas pengiriman pesan ke banyak orang. Dalam kondisi tertentu, barangkali anda ingin mengirimkan pesan segera tapi takut kalau penerimanya terganggu karena sedang jam tidur atau istirahat. Dengan fitur ini, anda bisa mengatur kapan pesan yang sudah anda buat itu agar terkirim sesuai jam yang sudah anda tentukan.

Fitur Baru Android Lainnya yang Tak Kalah Menarik

Selain tiga fitur tersebut, ada juga fitur baru untuk Talkback. Talkback ini sangat dibutuhkan oleh para pengguna Android yang memiliki masalah penglihatan atau bahkan orang dengan tuna netra. Dengan pengaturan Talkback ini, gawai akan bisa diakses lebih mudah melalui gestur tertentu yang sudah sebelumnya diatur. Sekarang, fitur baru memberikan tambahan aksesibilitas untuk gerakan banyak jari sekaligus. Dengan ini, tentu akan semakin banyak gestur yang bisa dimanfaatkan dan diatur dalam menu Talkback ini. Bahkan, akan disediakan pula beberapa perintah suara baru dan beberapa fitur tambahan lainnya untuk melengkapi menu Talkback.

Yang tak kalah berguna adalah fitur tambahan dalam Google Assistant. Dalam fitur terbaru yang akan hadir, Google Assistant akan bisa diakses tanpa perlu anda sentuhan atau interaksi tangan dengan gawai secara langsung. Dengan kata lain, suara bisa langsung mengakses Google Assistant walau gawai sedang dalam keadaan terkunci. Ini pastinya akan jauh lebih bermanfaat terutama bagi orang-orang yang sangat sibuk. Tak hanya itu saja, Android Auto pun akan mendapatkan update fitur baru.

Android Auto ini merupakan sistem operasi Android yang ditujukan untuk mobil. Di fitur terbaru, wallpaper dan game bisa ditambahkan. Game pun bisa diakses melalui menu suara. Tak hanya itu, akan dihadirkan shortcut atau jalan pintas untuk melihat kondisi cuaca terbaru, dan sekaligus fitur baru android untuk melakukan panggilan telepon dan pengiriman pesan di Android Auto.


Like it? Share with your friends!

0
scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *