Aplikasi-Aplikasi Antivirus untuk Lindungi Smartphone Android


Penggunaan antivirus Android atau antimalware tentunya sangat membantu para pengguna telepon genggam dari ancaman virus, penipuan online, maupun jebakan situs palsu.

Menurut data laporan keamanan android, diungkapkan bahwa Indonesia adalah negara paling banyak yang menginstal berbagai aplikasi android yang membahayakan di Google Playstore.

Aplikasi tersebut dikategorikan sangat berbahaya dikarenakan banyak mengandung virus trojan, spyware, phising, malware, dan juga yang terbanyak adalah trik-trik penipuan.

‘Klik penipuan’ bisa saja mendorong penggunanya yang dilakukan berkali-kali dengan menekan tombol iklan agar pemilik situs bisa mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan oleh perusahaan pengiklan, seperti Google Adsense misalnya.

Supaya para penggunanya terlindung, maka berikut ini ada aplikasi-aplikasi antivirus Android yang bisa digunakan supaya terhindar dari ancaman malware, virus, dan hal-hal yang membahayakan lainnya. Mari kita simak apa saja.

1. Eset Mobile

Eset mobile adalah aplikasi yang digunakan untuk menghindari penipuan online. Di aplikasinya ini, terdapat fitur yang menarik yaitu kemampuan untuk mendeteksi situs phising.

Situs phising merupakan situs palsu yang sering digunakan untuk melakukan penipuan online. Selain itu, aplikasi tersebut juga bisa dijalankan untuk memindai malware.

Pada situs phising ini kerap sekali digunakan untuk mencuri data pribadi penggunanya, misalnya alamat email, pasword, nomor rekening, hingga kartu kredit.

Situs ini juga sering digunakan menipu para pengguna android dengan menghubungi nomor tertentu yang menggunakan iming-iming mendapatkan hadiah serta mengirimkan sejumlah uangnya terlebih dahulu.

Fitur antiphising ini telah terintegrasi dengan peramban di ponsel. Dengan demikian, penggunanya ketika masuk ke situs palsu sudah diingatkan oleh aplikasi ini bahwa situs tersebut palsu.

Kelebihan dari Esset mobile ini memberikan perlindungan aman dari phising dan juga tanpa iklan. Sedangkan untuk kekurangannya, pada versi gratisnya hanya berlaku sampai 30 hari saja.

2. Bitfender Antivirus Free

Aplikasi antivirus android yang berikutnya yaitu Bitfender Antivirus. Di aplikasi antivirus memberikan keamanan pada perangkat android kalian, dari beragam malware, seperti virus, spyware, dan ransomware.

Bitfender memiliki kelebihan, di antaranya.

– Aplikasinya siap digunakan ketika usai diinstal tanpa harus melakukan konfigurasi tambahan.
– Tanpa iklan.
– Tidak membuat ponsel menjadi lemot dan menguras baterai ketika menjalankan aplikasinya.

Sedangkan untuk kekurangan dari Bitfender ini, yaitu penggunanya harus melakukan pembayaran jika menginginkan fitur tambahan seperti misalnya perlindungan akan pencurian data ketika membuka browser, pengamanan data pribadi, serta pencegahan saat ponsel hilang atau dicuri.

3. AVG

AVG efektif untuk menangkal malware di android. Banyak fitur yang ditawarkan di aplikasinya ini. Fitur-fitur tersebut memiliki banyak kegunaan seperti melacak celah keamanan WiFi, melakukan pengetesan kecepatan WiFi, membersihkan memori RAM dan ROM agar performa ponsel meningkat.

Baca juga: Daftar Aplikasi Download Video Youtube Paling Direkomendasikan

Aplikasi AVG ini juga memiliki fitur pelacak ponsel yang hilang atau dicuri. Bila fitur ini diaktifkan penggunanya, maka aplikasinya ini mampu melacak ponsel yang hilang itu lewat bantuan Google Maps. Selain itu juga mampu mengunci perangkat dari jarak jauh, dan juga membunyikan sirene untuk menemukan ponselnya.

AVG memiliki kelebihan yang fiturnya beragam dan tidak dimiliki oleh aplikasi antivirus Android lainnya. Namun kekurangan dari AVG ini ada banyak iklah yang bisa menghabiskan setengah layar ponsel kamu.

4. McAfee Mobile Security

Antivirus yang satu ini tidak hanya melindungi ponsel dari malware. Ada fitur unggulan yang membuatmu tertarik untuk menggunakannya. Fitur unggulan itu melakukan pencegahan pencurian ponsel.

Ketika ponsel android kamu dicuri orang, maka aplikasi bisa mengambil gambar pencurinya.

Keunggulan lainnya yaitu di aplikasi antivirus Android ini juga mampu mendeteksi aplikasi mana saja yang sedang berupaya membocorkan informasi sensitif.

McAfee juga mampu memblokir akses ke situs yang dianggap berbahaya, memblokir telepon maupun SMS dari nomor tertentu.

 


Like it? Share with your friends!

0
jati

Salah satu admin di rahasiatekno yang menjadi penulis handal dengan menyajikan berita terupdate tentang gadget, teknologi, tips dan berita terbaru lainnnya.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *