Tips

Adsense untuk Monetisasi Situs dan Youtube

Di era digital seperti sekarang ini, mendapatkan tambahan uang bukan menjadi hal yang sulit lagi bagi yang melek teknologi. Seperti salah satunya dengan mengandalkan Google adsense. Menurut informasi lengkapnya, adsense tersebut merupakan program periklanan yang paling cukup populer.

Apa Itu Google Adsense?

Tahukah Anda, bahwa berbagai macam produk internet yang cukup populer seperti Youtube atau bahkan blog semuanya dapat diuangkan? Hal tersebut benar adanya, karena para youtuber atau blogger menggunakan layanan dari Google Adsense. Tanpa adanya fasilitas ini, pasti tidak maksimal.

Menurut informasi lengkapnya, Google Adsense ini merupakan program periklanan yang berbasis CPC atau singkatan dari Cost Per Click. Dari fasilitas inilah yang menjadikan para Youtuber dan juga Blogger bisa mendapatkan penghasilan tambahannya, yaitu melalui iklan yang seringkali muncul.

Biasanya Google Adsense akan memberikan penghasilan sesuai dengan iklan yang terpasang di Youtube atau bahkan situs seseorang. Adsense sendiri seringkali menampilkan iklannya dalam bentuk teks, video atau pun gambar. Ketika muncul di suatu situs, maka iklannya dibayar pengiklan.

Bagaimana Cara Kerja Dari Google Adsense?                       

Sesuai dengan apa yang telah Anda ketahui tentang Google Adsense, yaitu sebagai program periklanan yang mampu memberikan keuntungan besar kepada pengguna . Seperti seorang Youtuber dan juga Blogger. Umumnya, cara kerja dari Adsense ini ada tiga macamnya yaitu :

1. Menyediakan Ruang Iklan

Langkah pertama sebelum mendapatkan keuntungan dari Google Adsense, yaitu dengan menyediakan ruang iklannya terlebih dahulu. Hal ini merupakan tugas dari penggunanya sendiri, seperti menempelkan kode iklan pada suatu situs website tertentu. Selain itu, juga harus pilih tempat.

Memilih tempat tersebut maksudnya, Anda harus pilih di mana akan menampilkan iklan yang diinginkan. Pada umumnya, biasanya letak iklan akan tersimpan di header, footer dari sebuah artikel atau bahkan di sidebar. Nanti iklan akan muncul sesuai dengan minat dari audience-nya.

2. Iklan dengan Bayaran Mahal Akan Muncul

Perlu Anda ketahui, bahwa pengiklan akan melaksanakan bid di dalam lelang secara real time. Hal tersebut sudah seharusnya mereka lakukan, supaya iklannya bisa tertampilkan dalam ruangan yang telah tersedia. Nantinya pihak pengiklan juga akan menawarkan harga yang cukup tinggi.

Melakukan bid di dalam lelang secara real time harus pengguna lakukan, supaya iklannya terus tampil di Youtube atau bahkan suatu Blog. Dengan begitu, pengiklan akan membayarkan pengguna dengan harga tertinggi dan hal inilah yang dimaksud mendapat keuntungan / penghasilan tambahan.

3. Pengguna Akan Dibayar

Setelah dua proses sebelumnya sudah selesai, langkah berikutnya adalah pengguna akan dibayar langsung oleh pihak Google sendiri. Nantinya Google akan menangani semua proses penagihan kepada semua pihak pengiklan serta jaringan khusus untuk iklan Anda.

Sedangkan untuk besaran bayaran yang akan Anda dapatkan dari Google Adsense, asalnya dari iklan yang sudah audience klik atau bahkan buka. Itulah mengapa sangat memengaruhi tingkatan keuntungan pengguna Blogger / Youtuber. Jika iklannya semakin mahal, bayarannya juga tinggi.

Bagaimana Cara Membuat Akun Google Adsense?

Jika Anda tertarik dengan beberapa cara kerja dari Google Adsense sebelumnya. buatlah akun baru sekarang, caranya juga terbilang cukup mudah. Cukup ikuti berbagai langkah yang sudah Google sediakan. Bisa juga ikuti langkah berikut ini :

  • Pertama-tama, bukalah https://www.google.com/adsense/start
  • Kemudian, klik daftar sekarang
  • Setelah itu, masukkan URL tempat Anda menampilkan iklan
  • Masukkan alamat email
  • Pilih saja, ingin Google Adsense kirim rekomendasi performa serta bantuan
  • Klik simpan
  • Pilih lanjutkan
  • Lalu login ke akun Google Anda
  • Setelahnya, pilih negara / wilayah
  • Lakukan tinjau dan setujui persyaratan dak ketentuan
  • Buat akun
  • Proses selesai

Keunggulan yang Ada di Dalam Google Adsense

Pada umumnya, setiap fasilitas yang Google berikan kepada para penggunanya. Semuanya memiliki keunggulannya sendiri, termasuk Google Adsense ini. Sebagai salah satu layanan yang mampu memberikan banyak keuntungan. Adsense memberikan keunggulan di antaranya sebagai berikut :

1. Dapat Menyajikan Iklan yang Tepat dan Efektif Untuk Pemirsa

Salah satu keunggulan yang terdapat dalam layanan Google Adsense ini, yaitu dapat menyajikan berbagai iklan yang tepat untuk para pemirsa. Pada dasarnya, Adsense memang mampu memperlihatkan iklan yang sesuai dengan minat dari para audience situs.

Seperti misalnya saja, Anda adalah seorang gamers. Maka iklan yang akan tersedia di suatu situs juga akan berkaitan dengan game. Google Adsense ini akan meninjau suatu iklan. Tujuannya, yaitu untuk dapat memastikan bahwa iklan tersebut memiliki kualitas tinggi dan juga relevan dengan

2. Memegang Kendali Dari Suatu Iklan

Anda adalah seorang yang memegang kendali mengenai iklan yang tertampilkan dari suatu situs. Baik itu Youtube atau bahkan Blog. Hal tersebut sudah merupakan salah satu kebijakan dari pihak Google Adsense sendiri, karena pengguna – lah yang memberikan ruang iklannya secara pribadi.

Lakukan pemblokiran iklan yang tidak disukai, sesuaikan dengan di mana iklannya tertampilkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai jenis iklan untuk situs pribadi. Dengan begitu, membuatnya akan jauh lebih mudah.

3. Hanya Iklan yang Mampu Membayar Tinggi Dapat Tampil

Keunggulan yang tidak kalah menariknya adalah pihak Google Adsenseakan selalu memastikan Anda untuk bisa mendapatkan pendapatan yang tinggi di situs. Tentu saja hal ini akan menghindarkan pengguna dari penghasilan kecil.

Oleh karena itulah, manfaatkan jaringan terbesar dari pengiklan online satu ini. Maksimalkan penghasilan yang dapat Anda peroleh dari layanan Google Adsense ini. Jadikan selalu ruang iklan yang bagus dan terbaik.

Jenis Google Adsense

Jenis Google Adsense

Pada umumnya, Google Adsense ini memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Mengingat jenisnya sendiri cukup bervariasi. Jadi, sebagai pengguna dapat memilih kategori mana yang cocok untuk iklan berbayar.

1. Google Adwords

Salah satu dari banyaknya layanan Google yang menarik, Google Adwords ini termasuk ke dalam kategori Google Adsense. Merupakan layanan iklan yang berbayar dan tertampilkan di beberapa halaman hasil dari pencarian di Google.

Dengan menggunakan strategi search network campaign, semua iklan Anda akan muncul dan sesuai dengan pencarian kat akunci / keyword yang relevan dengan bisnis pribadi. Keunggulannya sendiri antara lain, iklan lebih banyak terlihat oleh audience, dapat menentukan target dengan spesifik.

2. Google Display Network atau GDN

Kemudian, ada jenis Google Adsense lainnya yaitu Google Display Network atau GDN. Merupakan iklan yang berupa teks atau bahkan dalam bentuk gambar. Biasanya akan banyak tertampilan di beberapa website, mobile games hingga aplikasi.

Jenis layanan iklan dari Google Adsense ini bisa meningkatkan brand awareness bisnis. selain itu, GDN juga dapat menjangkau sekitar 90% para pengguna di internet. Peluang iklan Anda terkena klik oleh pengguna lain pun juga cukup besar.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai informasi penting terkait Google adsense. Sesuai pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa layanan dari Google ini dapat memberikan keuntungan besar bagi penggunanya. Seperti Youtuber / Blogger.

scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button