GadgetTips

6 Fungsi Update Software Android dan Cara Melakukannya

Bagi pemegang smartphone android rasanya pemberitahuan untuk melakukan update pada software bukanlah hal yang asing ya? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan update software android?

Update software android maksudnya adalah proses pembaruan pada sistem dari sebuah smartphone android. Proses ini tidak hanya berlaku untuk sistemnya, namun juga pada aplikasi yang terinstal didalamnya.

Lalu, seberapa penting update software android untuk smartphone yang kita gunakan?

Kali ini, kita akan coba bahas 6 fungsi update software android ya, supaya kita bisa tahu apa manfaatnya. Kita juga akan membahas cara untuk melakukan update software android bagi Anda yang belum paham caranya.

1. Sistem Keamanan Meningkat 

Dengan melakukan pembaruan pada sistem android smartphone, maka akan ikut meningkatkan sistem keamanan dari smartphone tersebut. Ini artinya kemungkinan smartphone Anda terkena serangan virus juga kecil.

Hal ini dapat terjadi karena sistem keamanan smartphone akan ikut meningkat seiring diperbaruinya software dari smartphone tersebut.

2. Membuat Kinerja Smartphone Membaik

Apakah smartphone yang Anda gunakan saat ini sering bekerja dengan lambat ketika hendak digunakan? Atau aplikasi sering menutup sendiri ketika Anda sedang memakainya?  Disinilah salah satu fungsi dari update software android.

Dengan melakukan update software pada smartphone, kinerja yang awalnya lambat dapat dikembalikan ke kondisi optimal. Tentunya hal ini yang Anda harapkan bukan?

3. Membuat UI Lebih Nyaman Digunakan

UI atau user interface adalah tampilan dari smartphone. Didalamnya terdapat berbagai menu seperti notifikasi, tampilan utama, icon dan hal lainnya yang dapat mendukung kebutuhan Anda dalam menggunakan smartphone.

Keuntungan yang bisa Anda rasakan setelah melakukan update software adalah tampilan atau UI yang baru dan lebih mudah digunakan, sehingga membuat Anda makin nyaman dalam memakai smartphone.

4. Menghilangkan Bug

Ketika suatu smartphone pertama kali diluncurkan, biasanya sistem software yang dimilikinya belum sempurna. Hal itu akan menyebabkan bug atau error yang membuat Anda terganggu saat menggunakan smartphone.

Bug yang dialami pun bisa beragam, misalnya tidak dapat mengatur tingkat kecerahan atau paket data internet tidak menyala saat hendak digunakan.

Salah satu fungsi update software android adalah menghilangkan bug tersebut.

5. Menambah Fitur 

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan update software pada smartphone adalah mendapatkan tambahan fitur yang sebelumnya belum ada pada           smartphone tersebut.

Salah satu contohnya adalah penggunaan dark mode pada aplikasi tertentu yang selain dapat menghemat penggunaan baterai juga bisa mengurangi kelelahan yang dialami mata akibat terlalu lama menatap layar smartphone.

6. Meningkatkan Kualitas 

Kualitas sangatlah penting dalam dunia teknologi, tidak terkecuali dalam dunia software. Kualitas software yang baru tentu berbeda dengan yang sudah lama.

Anda bisa merasakan langsung perbedaannya dan membandingkannya jika Anda melakukan update pada software android Anda.

Cara Untuk Update Software Android 

Cara Untuk Update Software Android

Setelah kita bahas 6 fungsi dari update software android, berikutnya kita akan bahas bagaimana cara untuk update software android. Terdapat beberapa cara untuk update software android, tapi kita akan bahas yang paling sering digunakan ya

OTA

Pertama Anda bisa menggunakan cara OTA atau over the air untuk melakukan update software android. Cara ini tergolong mudah namun Anda membutuhkan koneksi internet yang kuat. Anda bisa melakukan langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda tersambung dengan WI-FI yang kuat, karena Anda akan mendownload data dengan ukuran yang cukup besar.
  2. Bukalah halaman setting di smartphone
  3. Carilah menu software update
  4. Pilih tentang perangkat lalu tekan system software update
  5. Klik Check For Updates untuk memeriksa perlu tidaknya sistem diperbarui.
  6. Pilih instal manual dan tunggu sampai proses selesai

Melalui PC

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melakukan update software smartphone android Anda adalah dengan menggunakan PC atau komputer.

Penggunanya memang tidak sebanyak metode OTA namun patut dicoba, berikut langkah-langkahnya.

  1. Carilah website resmi dari smartphone yang Anda gunakan.
  2. Klik halaman dukungan atau halaman download. Kemungkinan, Anda akan diminta untuk mengisi data mengenai smartphone android yang Anda gunakan.
  3. Daftarkan smartphone Anda agar bisa melakukan pembaruan.
  4. Pilihlah menu pembaharuan.
  5. Downloadlah software device management lalu instal di komputer Anda.
  6. Gunakanlah kabel USB untuk menghubungkan smartphone dan komputer.
  7. Bukalah software device management yang telah Anda install, lalu pilih menu upgrade atau update.
  8. Silakan tunggu sampai proses upgrade selesai.

Menggunakan Custom ROM

Untuk dapat menggunakan cara ini, Anda perlu memastikan smartphone Anda sudah dalam kondisi root. Setelah itu ikuti langkah berikut.

  1. Cari dan download ROM yang cocok dengan smartphone
  2. Simpanlah di memory card.
  3. Carilah recovery mode lalu cari menu wipe data
  4. Cari menu advance dan pilih wipe dalvik cache.
  5. Buka kembali menu utama lalu klik install zip from sd card.
  6. Instal ROM yang tadi telah Anda download
  7. Silakan tunggu sampai proses selesai.

Memakai Rooting Room

Sebelum menggunakan cara ini, ingatlah untuk mem-back up terlebih dahulu data yang Anda miliki. Periksa juga garansi smartphone yang sedang Anda gunakan, karena proses ini dapat membatalkan garansi smartphone Anda. Sudah siap? Berikut cara-caranya:

  1. Download dan install aplikasi ROOT yang akan Anda gunakan di komputer.
  2. Pastikan aplikasi tersebut cocok dengan smartphone
  3. Sambungkan smartphone dan komputer melalui kabel USB.
  4. Proses ROOT sudah bisa dimulai.
  5. Anda dapat segera me reboot smartphone Anda ketika proses ROOT sudah selesai.

Persiapan Sebelum Melakukan Update Software Android

Terakhir, kita akan membahas apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan update software android.

  • Pastikan Baterai Smartphone Anda Telah Terisi Penuh

Proses update software android membutuhkan daya baterai yang besar, maka dari itu pastikan dulu kalau baterai smartphone sudah penuh agar tidak habis di tengah proses.

  • Kosongkan Memori Terlebih Dahulu

Selain memakai banyak daya, proses update software android juga memerlukan ruang penyimpanan yang tidak kecil. Ingatlah untuk mengosongkan memori smartphone supaya update bisa berjalan dengan lancar.

  • Lakukanlah BackUp Data

Disarankan untuk memindahkan terlebih dahulu data penting yang ada di smartphone Anda. Sebenarnya proses update software sendiri tidak akan menghapus data yang Ada, namun ada baiknya jika Anda sudah mengamankan data di smartphone terlebih dahulu agar lebih aman.

Itulah informasi mengenai 6 fungsi update software android sekaligus beberapa cara melakukan dan juga persiapannya. Apakah diantara Anda sudah ada yang mencobanya? Cara mana yang pernah Anda coba?

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya.

scarlet

Seorang penulis handal yang menyalurkan hobinya untuk berbagi informasi teknologi, gadget dan tips terbaru dalam membantu masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button